17 Tips Mempercepat Browser Mozilla Firefox

Tips mempercepat browser Mozilla Firefox -- Browser Firefox yang dibahas pada kali ini merupakan sebuah program web browser yang bersifat open source, dimana Firefox sekarang ini dikembangkan untuk sistem operasi Windows, Mac dan juga Linux. Browser ini pada awalnya dirilis pada tahun 2002, dan saat ini juga tersedia pengguna browser Mozilla Firefox untuk pengguna  Android, dimana dengan cepat Firefox langsung menjadi sebuah browser yang sangat populer diantara pengguna mobile.

Tips Mempercepat Browser Mozilla Firefox
Tips Mempercepat Browser Mozilla Firefox

Info yang didapatkan dari situs raksasa Wikipedia, bahwa Firefox memiliki komposisi pengguna sekitar 18%-23% dari pengguna Internet yang terdapat di seluruh dunia. Dan berdasarkan info resmi dari pihak Mozilla Firefox bahwa produk browsernya ini digunakan oleh sekitar 450 juta pengguna, dan utamanya di negara seperti Indonesia, Jerman, Polandia dan Iran, browser firefox ini menjadi yang terbaik atau terpopuler di negara-negara tersebut.

Nah, dengan begitu Indonesia sebagai salah satu negara pengguna Firefox yang terbesar dia, maka tentunya Kamu sudah mengetahui tentang browser Firefox ini yang sangat sering digunakan dalam menjelajah Internet atau browsing, populernya Firefox ini karena memang performa dan kecepatannya yang dinilai sangat stabil. Akan tetapi walau browser Mozilla Firefox ini termasuk browser yang terdepan dalam kemampuan kecepatannya ketika browsing, serta sistem keamanan yang juga baik, ternyata perlu diketahui bahwa masih terdapat berbagai fasilitas yang membuat browser Mozilla Firefox ini menjadi lebih cepat.

Tips mempercepat browser Mozilla Firefox

Tips untuk mempercepat browser Mozilla Firefox ini ada sangat banyak, yang saya kumpulkan menjadi sati pada halaman, Kamu dapat menggunakan sebagian tips yang disediakan di bawah, atau bahkan semuanya, itu semua tergantung dari keinginan Kamu secara bebas. Langsung saja berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Mempercepat Mozilla Firefox dengan tweaking firefox

Pada address bar, ketik about:config (tanpa tanda petik). Hingga nantinya muncul tampilan seperti gambar di bawah.

Tips Mempercepat Browser Mozilla Firefox
Klik I'll be carefull, I promise

2. Setelah itu klik pada tombol I'll be carefull, I promise!, seperti pada gambar diatas.

3. Setelah itu muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Tips Mempercepat Browser Mozilla Firefox
Tips Mempercepat Browser Mozilla Firefox

4. Untuk merubah nilai, maka klik 2 kali lalu masukkan nilai perubahannya. Apabila data tidak terdapat pada daftar default firefox, maka klik kanan pilih New. Dan agar data berupa angka, pilih Integer. Untuk true/false pilih Boolean. Lihat gambar di bawah.

Tips Mempercepat Browser Mozilla Firefox
Mempercepat Browser Mozilla Firefox

Kamu dapat menggunakan teknik ini sesuai dengan keinginan (mengatur berbagai konten yang di dalamnya tersebut), akan tetapi untuk melakukannya akan membutuhkan teknik khusus sehingga pada tips-tips di bawah ini akan dijelaskan berbagai konten yang dapat Kamu setting.

2. Setting Firefox Pipelining

Cara kerja Browser umumnya akan melakukan transfer permintaan ke server, setelah itu menunggu respon sebelum akhirnya melanjutkan. Fasilitas Pipelining ini bertugas dimana browser nantinya mengirimkan beberapa permintaan dalam satu waktu.
  1. Klik dua kali untuk ubah nilai network.http.pipelining menjadi True.
  2. Ubah nilai network.http.proxy.pipelining menjadi true.
  3. Ubah nilai network.http.pipelining.maxrequests ke nilai 8 hingga 32.

Yang perlu diketahui adalah bahwa beberapa server tidak mendukung teknik pipelining ini. Adapun untuk mencari konten seperti salah satunya network.http.pipelining, maka dilakukan dengan mengetikan atau copy paste pada kotak pencarian.

3. Setting Render

Secara default bahwa browser Firefox ini menampilkan halaman yang diterima setiap waktu 0,12 detik. Untuk itu dengan teknik ini Kamu akan dapat mempercepat load time tersebut. Caranya yaitu:
  1. Klik Kanan lalu pilih menu New, lalu pilih Integer.
  2. Ketik content.notify.interval pada preference name, klik OK,
  3. Kemudian masukkan nilai 500000 (lima ratus ribu), klik OK.
  4. Klik Kanan, lalu pilih New, lalu pilih Boolean.
  5. Setelah itu setting pada content.notify.ontimer, set nilainya menjadi True, setelah itu klik OK.

4. Setting agar loading Cepat

Ketika pengguna tidak menggerakan mouse, ataupun menyentuh keyboard dalam waktu 0,75 detik, dengan begitu browser Mozilla Firefox kurang responsif pada interface-nya, akan tetapi load halaman nyatanya akan menjadi lebih cepat, sehingga Kamu dapat menerapkan teknik ini, caranya yaitu:
  1. Klik Kanan, lalu pilih New, lalu pilih Integer.
  2. Ketik content.switch.threshold, lalu klik OK.
  3. Setelah itu masukkan nilai 250000 (yang artinya seperempat detik)
  4. Klik OK.

5. Browser agar tidak Interupsi

Pengguna bisa mengatur agar browser Mozilla Firefox menjadi mengabaikan (ignore) pada tampilan web yang sementara halamannya sedang di download secara keseluruhan. Untuk langkah-langkah settingnya di bawah ini
  1. Klik Kanan. Lalu pilih New, lalu pilih Boolean.
  2. Ketik content.interrupt.parsing,
  3. Lalu klik OK, kemudian setting nilainya menjadi False.

6. Load pada bagian yang perlu saja

Pada pengaturan default-nya, browser Firefox sebenarnya tanpa disadari penggunanya melakukan pre-download pada link halaman web yang ada, yang mungkin link halaman tersebut kita klik. Apa yang dilakukan oleh firefox ini tampaknya mengikuti seperti yang ada pada Google, dimana men-cache terlebih dahulu pada result pertama dari link pencarian yang muncul. Hal seperti memang memiliki kegunaan, akan tetapi juga dapat pemborosan bandwidth serta mempengaruhi atau memberatkan kerja CPU. Agar nantinya browser Firefox hanya load nilai network.prefetch-next agar nilainya menjadi false.

7. Segera tampilkan halaman web

Browser Mozilla Firefox seringnya menunggu beberapa waktu setelah download untuk mulai menampilkan halaman yang ingin Kamu buka atau akses. Nah dengan teknik ini Kamu dapat mengatur agar nantinya dapat segera untuk menampilkan halaman website yang ingin kita akses. Caranya yaitu dengan mengubah pada nilai nglayout.initialpaint.delay menjadi nila (value) adalah 0. Akan tetapi jika belum terdapat konten tersebut, Kamu dapat melakukan klik kanan, lalu pilih new, lalu pilih integer, setelah itu ketik nglayout.initialpaint.delay, terakhir masukan nilai / valuenya yaitu 0.

8. Membatasi kapasitas cache memori

Untuk melakukan ini caranya yaitu:
  1. Klik kanan, lalu pilih New => Integer.
  2. Ketik browser.cache.memory.capacity, OK,
  3. Lalu masukkan angka 2048.

Maksud dari angka 2048 adalah agar browser menggunakan cache memori maksimal hanya 2 MB. Kamu dapat memasukan dengan angka lainnya, tetapi Kamu usahakan dengan merupakan kelipatan 1024.

9. Batasi kapasitas cache history

Pada metode cache memori yang sebelumnya, teknik ini juga untuk mengatur cache oleh browser Mozilla Firefox, tetapi teknik ini bertujuan agar dapat mempercepat loading halaman ketika Kamu menekan tombol back dan forward pada browser. Apabila Kamu jarang bahkan memang hampir tidak pernah menggunakan atau menekan tombol back dan forward ini maka disarankan untuk melakukan setting dengan nilai pada fasilitas ini sehingga nantinya dapat menghemat memori, yang membuat browser Firefox menjadi lebih cepat.
  1. Temukan browser.sessionhistory.max_total_viewers
  2. Kemudian nilainya Kamu ubah dari -1 menjadi 3.

Nilai  -1 (default) yaitu untuk menggunakan semaksimal RAM yang ada, untuk itu perlu diubah nilainya.

10. Batasi Kapasitas Cache Disk

Pada settingan dari sananya browser Mozilla Firefox mengatur ukuran cache disk sebesar 50 Mega, yang artinya itu merupakan pemborosan memori. Kamu dapat mengaturnya dengan hanya menjadi 2 MB saja, sehingga dengan begitu performa dan kecepatan browser akan meningkat. Berikut langkah-langkah melakukannya di bawah ini.
  1. Cari browser.cache.disk.capacity
  2. Lalu Kamu ubah nilainya dari 50000 menjadi 2000 saja.

11. Disable download history

Jika fasilitas download history ini Kamu nonaktifkan, maka akan menyebabkan fitur download history atau riwayat download menjadi tidak bekerja, sehingga riwayat download tidak akan disimpan, akan tetapi dengan begitu dapat membuat performa Firefox menjadi meningkat. Apabila memang Kamu tidak terlalu membutuhkan fitur ini maka dapat mematikannya, berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka menu Tools, lalu pilih Options.
  2. Setelah itu pilih menu Privacy.
  3. Hilangkan centang pada pilihan “Remember what I’ve downloaded”.

12. Lakukan  Internet connection tweaking

Kamu dapat melakukan Internet connection tweaking, baik itu untuk pengguna DSL, ADSL, dan Dial up. Untuk melakukannya maka Kamu perlu masuk kembali ke about:config, berikut di bawah ini penjelasannya dengan satu per satu dibawah ini.

Untuk pengguna DSL
  • Temukan network.http.pipelining, kemudian ubah nilainya menjadi true
  • Temukan Set network.http.proxy.pipelining, ubah nilainya menjadi true
  • Temukan network.http.pipelining.maxrequests, ubah nilainya menjadi 64
  • Temukan nglayout.initialpaint.delay, lalu ubahnya menjadi nilai 0

Untuk pengguna ADSL :
  • Temukan network.http.max-connections ubah nilainya menjadi 64
  • Temukan network.http.max-connections-per-server ubah nilainya menjadi 21
  • Temukan network.http.max-persistent-connections-per-server ubah nilainya menjadi 8
  • Temukan network.http.pipelining ubah nilainya menjadi true
  • Temukan network.http.pipelining.maxrequests ubah nilainya menjadi 100
  • Temukan network.http.proxy.pipelining ubah nilainya menjadi true
  • Temukan nglayout.initialpaint.delay ubah nilainya menjadi 0

Untuk pengguna Dial Up
  • Temukan browser.cache.disk_cache_ssl ubah nilainya menjadi true
  • Temukan browser.xul.error_pages.enabled ubah nilainya menjadi true
  • Temukan network.http.max-connections ubah nilainya menjadi 32
  • Temukan network.http.max-connections-per-server ubah nilainya menjadi 8
  • Temukan network.http.max-persistent-connections-per-proxy ubah nilainya menjadi 8
  • Temukan network.http.max-persistent-connections-per-server ubah nilainya menjadi 4
  • Temukan network.http.pipelining ubah nilainya menjadi true
  • Temukan network.http.pipelining.maxrequests ubah nilainya menjadi 8
  • Temukan network.http.proxy.pipelining ubah nilainya menjadi true
  • Temukan plugin.expose_full_path ubah nilainya menjadi true
  • Temukan signed.applets.codebase_principal_support ubah nilainya menjadi true
  • Temukan content.interrupt.parsing ubah nilainya menjadi true
  • Temukan content.max.tokenizing.time ubah nilainya menjadi 3000000
  • Temukan content.maxtextrun ubah nilainya menjadi 8191
  • Temukan content.notify.backoffcount ubah nilainya menjadi 5
  • Temukan content.notify.interval ubah nilainya menjadi 750000
  • Temukan content.notify.ontimer ubah nilainya menjadi true
  • Temukan content.switch.threshold ubah nilainya menjadi 750000

13. Mematikan Pop Up Window

Pop Up Window umumnya muncul pada situs yang berisi iklan dengan model pop up. Kamu dapat mengatur konfigurasi pada browser sehingga nantinya pop up tidak muncul.

14. Add-ons Mozilla

Terdapat sangat banyak add-on yang dapat Kamu pakai untuk mempercepat browser Mozilla Firefox, Kamu dapat menggunakan add on seperti DownThemAll dan FastestFox. Dengan menggunakan FastestFox maka Kamu akan terbantu ketika menjelajah di internet. Demikian juga dengan add-on DownThem All yang juga dapat mempercepat kecepatan browsing.

Selain itu juga ada program software firefox booster, yang dapat digunakan oleh pengguna sistem operasi windows, Program Firefox Booster ini bekerja dengan membuat pengaturan secara auto sehingga akan membuat suatu perubahan. Cara kerja Firefox Booster ini akan mengubah jumlah maksimum koneksi internet, dengan banyaknya server web yang dapat terhubung pada ketika itu, dan juga mengatur fasilitas pipeline secara otomatis.

15. Kamu dapat menonaktifkan tampilan gambar Browser

Ketika Kamu mengakses suatu situs maka Kamu dapat menonaktifkan tampilan gambar pada Browser mozilla tersebut jika memang tidak terlalu dibutuhkan kala itu. Karena umumnya yang menyita bandwidth dan membuat loading suatu lama adalah ketika membaca file-file seperti gambar, animasi dan juga flash. Dengan begitu jika Kamu mensetting Mozilla Firefox agar tidak membaca atau menampilkan gambar maka kecepatan loading menjadi sangat cepat.

16. Hindari membuka banyak program

Browser Mozilla Firefox ini merupakan program yang berat dan memakan banyak sumber daya CPU, sehingga ketika Kamu menjelajah di internet maka hindari membuka atau menjalankan software yang terlalu banyak sehingga membuat kerja browser menjadi tidak dapat maksimal, sehingga browsing pun menjadi lambat.

17. Hindari Membuka Tab Terlalu Banyak

Ketika Kamu browsing, umumnya para pengguna akan membuka beberapa banyak tab sekaligus, mungkin ini boleh-boleh saja kalau hanya membuat 2 atau 3 tab bersamaan, tetapi jika terlalu banyak (misalnya 7 tab sekaligus) maka ini justru mengakibatkan browser menjadi lambat karena harus bekerja untuk membuka dan loading pada banyak situs, sehingga loading pada halaman web menjadi lebih lama selesainya.

Demikian saja, mungkin Kamu tidak perlu menerapkan semua tips diatas, Kamu dapat memilihnya yang cocok untuk aktifitas Kamu di komputer atau internet.

Semoga bermanfaat.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android