3 Aplikasi Untuk Cara Mudah Membuat Recycle Bin di Android

Aplikasi untuk membuat Recycle Bin di Android -- Seperti yang telah diketahui oleh banyak  pengguna bahwa Recycle Bin merupakan tempat sampah (file yang dihapus), yang jika file-file disana juga dihapus maka akan membuat file tersebut menjadi terhapus secara permanen, dan tidak dapat dikembalikan.

Cara Mudah Membuat Recycle Bin di Android
Cara Mudah Membuat Recycle Bin di Android

Berbeda jika file yang dihapus masih terdapat di Recycle Bin maka masih bisa Kamu kembalikan ke tempat semula dengan menggunakan fitur restore. Recycle Bin ini merupakan sebutan nama tempat sampah pada sistem operasi Windows OS. Yang dengannya Kamu tidak perlu khawatir ketika tidak sengaja menghapus file, atau menghapus file yang masih diperlukan, karena masih dapat dikembalikan.

Dengan kata lain juga bahwa Recycle Bin sebagai tempat penyimpanan sementara, seperti sebuah folder khusus untuk file-file yang sudah dihapus, dimana pada penghapusan file,  tidak permanen hilang dari komputer, sehingga masih memungkinkan untuk bisa dikembalikan, Recycle Bin ini tentu memiliki batasan kapasitas, sehingga tidak dapat juga menampung file-file besar yang sangat banyak.

Aplikasi Untuk Membuat Recycle Bin di Android

Ini sangat cocok untuk Kamu yang sering mengalami kejadian ketika  menghapus file di Android, akan tetapi ternyata file tersebut masih diperlukan, dan kamu tidak dapat mengembalikan file yang Kamu sudah hapus. Dimana karena ketika file terhapus di Android maka akan langsung musnah

Untuk Kamu yang menggunakan Android, maka bisa mengadakan fitur Recycle Bin ini di Android, sehingga nantinya sangat berguna untuk keamanan file-file yang tidak sengaja terhapus. Ada beberapa aplikasi untuk Recycle Bin Android, yang tentunya dapat Kamu download dan gunakan secara gratis.

1. Dumpster Recycle bin

Aplikasi pertama untuk membuat Recycle Bin di Android adalah aplikasi Dumpster, yang dikembangkan oleh developer Baloota dan tentunya gratis. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Kamu dapat membuat atau menampilkan fungsi Recycle Bin untuk sistem operasi Android. Aplikasi Dumpster ini mampu untuk melakukan restore pada file yang Kamu hapus di Android, apabila Kamu tidak sengaja menghapusnya di Android maka jangan khawatir, Kamu masih dapat mengembalikannya.

Kamu dapat mengembalikan beberapa file seperti dokumen, gambar, video, audio dan lainnya. Yang menjadi kelebihan aplikasi Dumpster ini dibanding Recycle Bin Windows yaitu Kamu dapat menjalankan atau membuka file, sedangkan file tersebut masih berada di tempat sampah alias belum di-restore. Untuk Kamu yang ingin mendownload dan menginstalnya gratis, maka kunjungi di situs toko resminya di bawah ini.

Download aplikasi Dumpster Recycle bin di Google Play Store

Setelah itu, Kamu instal, lalu ada proses untuk memilih tipe file saja yang dapat masuk pada Recycle Bin versi  Windows ini, yang saya sarankan yaitu Kamu memilih semua tipe file. Untuk lebih jelas lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Recycle Bin di Android
Membuat Recycle Bin di Android

Dengan begitu Kamu ketika menghapus suatu file di memory, maka pada aplikasi dumpster ini file yang kamu hapus itu masih tersimpan di aplikasi dumpster recycle-bin, Kamu dapat mengembalikannya pada tempat semula, dan dapat juga menghapusnya secara permanen.

2.  Android Recycle bin

Selain menggunakan Dumpster Recycle Bin, Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Android Recycle Bin yang dikembangkan oleh developer Hexamob, yang dengannya ketika Kamu menghapus suatu file, baik itu sengaja maupun tidak sengaja, maka Kamu dapat untuk mengembalikannya file itu lagi, dimana file yang terhapus tidak akan langsung terhapus, akan tetapi ditampung oleh aplikasi Android Recycle bin ini.

Beberapa fasilitas yang ada pada aplikasi Android Recycle bin yaitu dapat menyaring file dengan sortir berdasarkan tanggal penghapusan, nama, perangkat dan lainnya. Fitur lainnya dapat mencari file dengan sangat mudah dan cepat, kemudian juga mengurutkan file berdasarkan nama, jenis, ukuran dan lainnya. Untuk menggunakannya juga Kamu perlu mengaktifkan internet segala.

Kemudian Kamu juga bisa melakukan preview pada file ingin di-restore, yang tujuannya agar Kamu merestore file yang benar. Ukuran aplikasi Android Recycle bin ini sekitar 10 MB, yang dapat dijalankan pada Android 2.3.3 keatas

Download aplikasi Android Recycle bin di Google Play Store

3. App Recycle Bin Lite

Aplikasi lainnya untuk memberikan fasilitas Recycle bin di Android yaitu aplikasi App Recycle Bin Lite yang dikembangkan oleh Android.toload.net , dimana kegunaan aplikasi ini layaknya seperti Recycle Bin yang ada pada komputer Windows. Beberapa fitur yang ada pada App Recycle Bin Lite yaitu untuk manage Recycle, menyimpan file master yang terhapus, restore file yang sebelumnya dihapus, dapat mengurutkan berdasarkan nama dan ukuran file.

Interface yang ada pada aplikasi App Recycle Bin Lite ini didesain simple dan penggunaannya mudah sehingga dengan begitu pengguna akan dapat dengan mudah menggunakannya walaupun baru pertama kali. Untuk menggunakannya maka OS Android milikmu sudah harus versi 2.1 keatas.

Download App Recycle Bin Lite di Google Play Store

Selain tiga aplikasi diatas, terdapat beberapa aplikasi sejenis yang dapat Kamu gunakan secara gratis, yaitu seperti Recycle Bin Restore Apps, Recycle Bin (RYO Software), Uninstall Expert, Total Comander, Sistem App Remove dan beberapa lainnya.

Adapun penggunaannya sangat mudah, seperti halnya yang ada pada fitur Recycle Bin yang biasa kita gunakan di komputer.

Semoga bermanfaat.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android