Cara Mudah Mengembalikan Restore Point Pada System Restore Windows 8.1

System Restore merupakan sebuah fasilitas yang ada pada sistem operasi  Windows, dengan fungsinya yaitu agar mengembalikan restore point yang ada. Dimana restore point ini merupakan sebuah poin dari penyimpanan pada kondisi di Windows atau komputer ketika itu.

Cara Mudah Mengembalikan Restore Point Pada System Restore Windows 8.1
Cara Mudah Mengembalikan Restore Point Pada System Restore Windows 8.1

Sehingga a nantinya dengan menggunakan  fasilitas restore point yang tersedia di Windows, Kamu bisa mengembalikan dari kondisi Windows ketika mengalami suatu problem ke kondisi sebelumnya ketika sistem windows baik-baik saja, sehingga cara ini sering diandalkan dari jaman dulu untuk menghindari komputer dari “ancaman” instal ulang, yang prosesnya sangat lama.

Tentunya Kamu perlu membuat penyimpanan kondisi Windows yang dalam keadaan baik, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari sistem operasi Windows. Dimana penyimpanan kondisi Windows tersebut tentunya dalam keadaan yang baik, sehingga jangan sampai kamu lupa membuat titik point ini, pastikan sudah ada walaupun hanya satu titik saja.

Sehingga jika ada masalah, maka tinggal kembalikan ke titik pada tanggal tertentu yang sebelumnya. Seperti ketika Kamu melakukan perintah yang beresiko, maka apabila sampai perintah tersebut membuat kerusakan pada sistem Windows, maka kamu bisa mengembalikannya ke kondisi-kondisi sebelumnya, yang dalam keadaan baik.

Cara Mudah Mengembalikan Restore Point Pada System Restore Windows 8.1

Untuk membuat restore Point cukup mudah, adapun sekarang akan dibahas untuk mengembalikan komputer Windows ke restore point tertentu yang sudah pernah dibuat, berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama Kamu buka jendela System Restore, caranya Tekan tombol keyboard: LOGO WINDOWS + W. Lalu akan terbuka Search charm maka ketik: system restore.
  2. Setelah jendela System Restore terbuka, maka klik pada Create a restore point
  3. Setelah itu, tampil jendela System Properties, maka klik pada System Restore.
  4. Lalu tampil jendela System Restore, lalu klik Next.
  5. Kamu pilih restore point yang ingin mengembalikan komputer ke dalam kondisi saat itu
  6. Jika sudah, lalu klik Next.
  7. Apabila Kamu sudah yakin memilih restore point yang benar, maka untuk memulai proses pengembalian ke kondisi itu, maka klik Finish.
  8. Lalu muncul peringatan, maka klik Yes
  9. Kemudian proses tersebut akan berjalan, Kamu tunggu hingga selesai, dalam proses ini jangan sampai mematikan komputer saat prosesnya berlangsung.
  10. Setelah selesai, maka komputer akan melakukan restart dengan otomatis.
  11. Setelah komputer kembali hidup maka Kamu akan mendapatkan pesan bahwa proses pengembalian tersebut telah dilakukan.
  12. Selesai.

Dengan melakukan pengembalian dari Restore Point tersebut, maka Kamu tidak bisa membatalkan pengembalian tersebut, dengan kata lain tidak dapat dilakukan “undo”. Sehingga sebelum melakukannya maka sangat disarankan untuk backup pada data-data yang penting, karena  dikhawatirkan dapat hilang, kecuali pada file yang berada dalam di folder pribadi user, maka itu tidak akan terpengaruh ketika dilakukan pengembalian restore point tersebut.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android