10 Tips Penting Menggunakan Windows 8 Agar Optimal

Tips Penting Menggunakan Windows 8 -- Pada sebagian pengguna ada yang merasa bahwa OS Windows 8 terasa lebih lambat dibandingkan dengan Windows 7, dimana yang tampaknya mungkin menjadi penyebab dari hal ini karena memang kita yang belum terbiasa dalam menggunakan fungsi- fungsi yang ada pada Windows 8 ini.

10 Tips Penting Menggunakan Windows 8 Agar Optimal
Tips Penting Menggunakan Windows 8 Agar Optimal

Untuk itu, terdapat beberapa trik yang cukup penting dalam menggunakan Windows 8 ini, sehingga penggunaannya dapat lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, dan memang ketika berpindah dari Windows 7 ke 8, bahkan dari XP ke 8 maka butuh waktu pembiasaan dalam menggunakannya.

Kamu juga bisa membuat performa Windows 8 bahkan akan dapat jauh lebih baik, serta akan lebih cepat dibandingkan Windows 7, seperti ketika booting. Walaupun memang ketika baru saja menggunakan Windows 8 (Sebagai pemula), mungkin Kamu akan merasa sedikit kewalahan dengan semua bagian dan fasilitas yang terdapat di dalamnya.

Tips Penting Menggunakan Windows 8 Agar Optimal

Nah, ketika awal-awal menggunakannya, maka butuh beberapa tips yang dapat membantu Kamu dalam menggunakan Windows 8, serta untuk memanfaatkan semua fitur yang ada di dalamnya secara optimal.

1. Kamu bisa menemukan program dengan mudah
Dimana saat menggunakan Windows 8 Kamu mungkin sedikit bingung karena tidak menemukan menu Start seperti yang ada pada versi windows terdahulu. Akan tetapi ketidak-adaan fitur tersebut bisa diatasi dengan  mencari program di Windows 8 yang mudah, caranya tekan tombol Windows di keyboard, setelah berada di layar Mulai, maka Kamu tinggal ketik nama program atau software yang ingin Kamu buka.

2. Mengatur layar Mulai sehingga terlihat rapih
Saat pertama kali memulai Windows 8, maka tampilan layar Mulai mungkin tidak selera dengan Kamu isinya atau konten-kontennya, sehingga akan terlihat sedikit berantakan. Untuk itu, Kamu dapat merapikannya dengan mudah. Seperti Kamu dapat menarik suatu aplikasi tertentu ke tepi layar, sehingga nantinya  membuat grup baru, kamu juga bisa memberikan nama pada grup tersebut, dengan satu grup terdiri dari beberapa program atau aplikasi yang Kamu inginkan, dan Kamu juga dapat menentukan ukurannya sendiri, salah satu contohnya seperti yang ada pada gambar di bawah.

3. Hubungkan akun media sosial ke Windows 8
Dengan terhubung dengan akun media sosial, maka Kamu bisa mengetahui aktivitas yang terjadi di akun jejaring sosial milikmu, seperti Facebook, Twitter, Google, LinkedIn, Hotmail, dan lainnya, Kamu akan dapat dengan mudah melihat semua beritanya hanya pada satu tempat, beberapa berita yang dapat Kamu peroleh seperti notifikasi atau pemberitahuan, foto, melihat kiriman, update status dan lainnya.

4. Kamu bisa mengikuti kabar terkini
Kamu bisa memastikan dirimu agar tidak ketinggalan dengan yang namanya berita terbaru, dimana itu terdapat pada bagian aplikasi Berita. Disana Kamu dapat menemukan berbagai artikel tentang berita, baik lokal maupun mancanegara. Dan berbagai jenis berita seperti politik, teknologi, hiburan, olahraga dan lainnya.

5. Mengikuti berita olah raga favorit
Dimana dengan adanya aplikasi olahraga maka memungkinkan Kamu agar dapat mengikuti berbagai pertandingan yang ada dari liga favorit, disana Kamu bisa mengetahui info klasemen atau hasil pertandingan, dan juga statistik lainnya. Kamu bisa mengetahui informasi basket seperti NBA dan lainnya. Ataupun info sepakbola seperti Liga Premier.

Pada sepakbola Kamu bisa mengetahui pencetak gol terbanyak, pemain assist terbanyak, jadwal pertandingan dan banyak hal lainnya yang bisa Kamu dapatkan, langsung di dalam Windows 8 Kamu, tanpa perlu mengunjungi situs olahraga tertentu.

6. Menggunakan aplikasi SkyDrive
Dimana manfaat keberadaan aplikasi SkyDrive membuat Kamu lebih mudah dalam menyimpan semua data tau file seperti dokumen, Foto, Audio, Video dan lainnya, dimana Kamu bisa memperoleh akunnya dengan hanya lo in dengan menggunakan akun Microsoft milikmu. Sehingga nantinya Kamu bisa menyimpan file-file yang Kamu miliki di internet atau disebut dengan layanan cloud, kamu dapat mendownloadnya kapan saja.

7. Kamu bisa dengan mudah melihat aplikasi di App Store
Dimana aplikasi baru akan seringkali muncul, sehingga Kamu dapat memaksimalkan hal itu dengan bantuan Windows 8, Kamu tinggal klik ubin / kotak 'App Store' pada layar Mulai, setelah itu kamu dapat mengetahui aplikasi mana saja yang baru. Dimana beberapa aplikasi seperti (info) News, Sports, Finance, Travel dan SkyDrive belum dipasang di Windows 8 secara default, sehingga Kamu menemukan aplikasi-aplikasi tersebut di App Store.

8. Mengatasi Hilangnya Tombol Start
Hilangnya Tombol Start, menjadi masalah terbesar yang dihadapi pengguna baru Windows 8, dimana dengan adanya layar Start di Windows 8, maka otomatis menggantikan menu Start di versi Windows sebelumnya. Adapun khusus pada versi Windows 8.1 sudah ditambahkan tombol Start di taskbar desktop, tetapi secara default pengguna juga hanya menemui layar Start. 

Pada Windows 8.1 Kamu dapat menampilkan background desktop di layar Start, Kamu juga dapat disable hot corner apabila mengganggu. Dengan sedikit tweaking, maka kamu dapat membuat menu Start sendiri.

Adapun fitur searching menjadi cara paling cepat dalam membuka program, seperti dengan mengetikan nama program, contohnya jika ingin mengakses program Firefox dari desktop, maka caranya dengan menekan tombol Windows, lalu ketik firef lalu tekan Enter. Itu sudah cukup untuk membuka browser Firefox.

Pada Windows 8.1, dengan tekan tombol Windows + S untuk membuka kotak search di sidebar, maka kamu bisa mencari dan membuka program dengan cepat, sehingga tidak perlu lagi membuka layar Start. Selain itu Pin application di desktop dapat dimanfaatkan, dengan klik kanan pada suatu program yang Kamu sering gunakan (sehingga cepat diakses), lalu pilih Pin to taskbar, sehingga nantinya program tersebut muncul di taskbar, yang jika ingin menjalankannya maka tinggal klik.

9. Menggunakan Hotkeys pada Windows 8
Dengan menggunakan kombinasi tombol Windows dengan tombol lain di keyboard, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan:
  • Tombol Windows => Untuk masuk ke layar Start Screen.
  • Tombol Windows  + M => Minimizes segala halaman pada desktop.
  • Tombol Windows  + E => Membuka Explorer untuk akses cepat ke folder.
  • Tombol Windows  + D => Membuka desktop.
  • Tombol Windows  + Tab => Membuka daftar program yang sedang berjalan.
  • Tombol Windows  + Print Screen => Mengambil screenshot dan menyimpannya 
  • Tombol Windows  + Q => Membuka menu pencarian global. 
  • Tombol Windows + F => Membuka file dan folder pencarian.
  • Tombol Windows + Pause => Membuka halaman sistem properties, untuk menampilkan keterangan spesifikasi
  • Tombol Windows + , (tanda koma) => Membuat semua jendela menjadi transparan, sehingga bisa mengintip desktop.
  • Tombol Windows + R => Membuka fitur RUN
  • Tombol Windows + X => Membuka Menu akses dengan cepat
  • Tombol Windows + I => Membuka menu pengaturan, akses cepat ke Control Panel, Personalisasi, dan tombol Power

10. Fitur SmartScreen
Fitur SmartScreen berguna nantinya untuk memberitahukan Kamu sebelum menjalankan sebuah aplikasi yang belum diakui atau tidak jelas developernya, sehingga ini untuk keamanan sistem Windows, Kamu dapat menyesuaikan dalam penggunaan fitur SmartScreen.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android