Cara Menggunakan Disk Defragmenter di Windows, dan Software Defrag Pihak Ketiga

Tool Disk defragmenter ini menjadi salah satu alat yang sudah ada secara default, dengan kata lain merupakan sebuah tools bawaan windows, yang dengan menjalankan-nya maka berguna dalam mengatur file-file yang tersusun pada komponen di harddisk, sehingga menjadi teratur, untuk melakukannya tentunya hanya bisa dengan bantuan mesin tau tool.

Cara Menggunakan Disk Defragmenter di Windows, dan Software Defrag Pihak Ketiga
Cara Menggunakan Disk Defragmenter di Windows, dan Software Defrag Pihak Ketiga

Hal yang membuat data atau file-file di dalam komponen harddisk menjadi tidak beraturan, karena beberapa hal, seperti ketika sering melakukan instal program, dengan menginstal banyak program yang tujuannya untuk mencoba-coba, lalu menguninstalnya kembali, maka ini akan membuat data di dalam komponen harddisk menjadi tidak beraturan.

Kemudian, terlalu sering  menutup program secara tidak normal, dengan kata lain yaitu hang juga membuat data di dalam harddisk tidak beraturan, semakin sering terjadi maka dampaknya dengan tidak beraturannya itu, membuat komputer menjadi lebih lambat dalam bekerja, seperti lambat ketika membuka suatu program.

Cara Menggunakan Disk Defragmenter di Windows, dan Software Pihak Ketiganya

Kemudian kebiasaan yang terlalu sering untuk mengcopy dan menghapus file, lalu juga memindahkan file dapat mengakibatkan hal tersebut juga. Penjelasan dalam teori defrag ini, seandainya file-file adalah lembaran-lembaran kertas, seperti lembaran kuitansi, lembaran catatan harian dan lembaran yang lainnya, maka apabila tidak diatur sehingga berantakan di dalam lemari atau meja, maka akan sangat sulit ketika kita mencari jenis lembaran tertentu.

Sehingga perlu dibuat teratur, yang dalam istilah komputer disebut dengan defrag harddisk. Pada sistem operasi Windows nantinya akan mengatur seperti file sistem, file aplikasi, file dokumen, file video dan file lainnya ke dalam lokasi-lokasi tertentu di harddisk, yang dengan begitu supaya sistem Windows dapat mencari dan membuka file-file yang Kamu inginkan dengan cepat

Berikut di bawah ini cara menggunakan tool disk defragmenter di Windows:
  1. Pertama-tama buka start menu, lalu program -> Accessories -> System Tools -> Disk defragmenter
  2. Lalu akan terbuka sebuah jendela, maka pilih drive yang Kamu inginkan, seperti drive C dan D.
  3. Setelah itu klik tombol Analyze
  4. Maka sistem Windows akan menganalisa file-file di harddisk, tunggu prosesnya hingga selesai.
  5. Setelah itu, untuk memulai defrag maka tekan pada tombol Defrag, maka prosesnya akan dimulai.
  6. Tunggu prosesnya yang lumayan lama, dimana butuh waktu sekitar 1-2 jam atau bahkan lebih, yang tergantung dari besarnya kapasitas harddisk yang ingin Kamu lakukan defrag
  7. Selesai.

Yang perlu diketahui bahwa proses defrag ini tidak perlu dilakukan sering-sering, Kamu hanya perlu secara rutin melakukan defrag sekitar 2 bulan sekali.

Software pihak ketiga untuk Defrag Hard Disk

Selain bisa menggunakan aplikasi bawaan yang dari Windows, kamu juga dapat melakukan defrag software khusus yang memiliki kemampuan defrag hard disk, yang mampu men-defrag dengan lebih akurat dan cepat. Yaitu software Auslogic Disk Defrag yang memiliki fungsi seperti itu, yang mendapatkan rating bintang 5 (sempurna) dari editor di situs Cnet. 


Software Auslogic Disk Defrag  cukup ringan, gratis dan juga mudah digunakan, yang slain itu juga disertai dengan fitur-fitur tingkat lanjut. Yang perlu diingat hindari menggunakan aplikasi bajakan untuk melakukan defrag yang malah membuat kerusakan dan masalah nantinya pada komputer Kamu.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android