Cara Agar Proses Startup Windows Menjadi Lebih Cepat

Tentunya hal yang cukup menjengkelkan saat harus menunggu lama komputer Windows dalam melakukan startup, dan membuat mood dalam mengoperasikan komputer menjadi menurun.

Cara Agar Proses Startup Windows Menjadi Lebih Cepat
Cara Agar Proses Startup Windows Menjadi Lebih Cepat

Yang perlu diketahui bahwasannya pada Windows akan secara otomatis melakukan load dan startup pada semua program yang dimasukan ke folder startup, sehingga walaupun tidak digunakan, akan tetap diload oleh sistem.

Apabila program yang dimasukan ke startup terlalu banyak padahal beberapanya tidak dibutuhkan, maka hal ini akan memberatkan kerja sistem, dan memperlambat proses startup atau proses booting pada PC milikmu tersebut.

Cara Agar Proses Startup Windows Menjadi Lebih Cepat

Hal lainnya saat Kamu menginstal software baru, apabila memang tidak darurat atau tidak diperlukan, maka jangan menambahkan program software yang baru diinstal tersebut berjalan ketika startup, Kamu setting pada software tersebut agar tidak berjalan otomatis saat start up.

Selain itu, Kamu perlu sesekali memeriksa melihat program-program apa yang berjalan secara startup, karena ada  folder program berbahaya seperti spyware yang menginstal sendiri program tanpa izin Kamu, lalu berjalan secara startup, maka ini akan membuat proses startup Windows lambat.

Adapun untuk hal luar, maka jika ingin startup Windows cepat, perlu menggunakan memori RAM dengan kapasitas yang tinggi, dengan begitu proses booting komputer akan menjadi lebih cepat, dimana harga RAM saat ini dapat dikatakan murah, maka Kamu dapat menambah RAM, dengan bantuan orang yang paham komputer.

Tentang masalah program startup
Kalau dicek maka kita akan melihat program atau service yang berjalan secara otomatis, beberapanya ada memang yang sangat diperlukan tetapi beberapanya lagi mungkin ada yang kurang penting untuk dijadikan program startup. 

Untuk itu, Kamu dapat menonaktifkan program seperti itu, sehingga tidak terlalu memberatkan kerja windows, sehingga startup dan proses komputer secara umum akan dapat berjalan lebih cepat. Berikut dibawah ini langkah-langkah untuk mempercepat startup windows Kamu:
  1. Pertama-tama Klik start
  2. Lalu pilih Run
  3. Muncul kotak kecil, maka ketik msconfig
  4. Lalu klik OK
  5. Muncul sebuah jendela, Kamu buka pada tab Startup
  6. Lalu Kamu hilangkan centang program yang memang tidak dibutuhkan, Kamu perlu hati-hati dalam melakukannya, jangan sampai menghilangkan centang pada proses yang penting, sehingga Kamu perlu mengenal dahulu masing-masing proses.
  7. Nantinya jika Kamu berubah pikiran pada suatu proses, Kamu dapat mengaktifkannya lagi dengan memberikan tanda centang
  8. Lalu masuk ke tab service, lalu hilangkan centang service yang Kamu anggap tidak perlu, seperti yang direkomendasikan dihilangkan centang, yaitu Automatic Update, Net meeting, Messenger
  9. Jika sudah, lalu buka tab Boot.ini
  10. Kamu setting pada time out, seperti memasukan angka 10 atau lebih besar lagi sedikit. Tetapi hindari menggunakan angka yang kurang dari 10, hal itu karena dapat membuat komputer tidak stabil jadinya. Kamu tekan tombol Apply
  11. Lalu klik tombol OK
  12. Restart komputer
  13. Selesai.

Yang perlu kamu ingat, hindari hapus centang pada program penting, seperti program sistem operasi, program antivirus, program antimalware dan semacamnya.

Tips lainnya
Kamu perlu menghapus file tidak berguna seperti temporary file, Kamu bisa menggunakan software CCleaner untuk melakukannya. Dengan jalankan software CCleaner untuk membersihkan file tidak berguna, file temporary, file riwayat (yang muncul terus), lakukan secara berkala, seperti 1-2 minggu sekali.

Kamu juga bisa melakukan scandisk untuk memastikan Hard Drive Komputer dalam Kondisi Sehat. Lalu 1-2 bulan sekali, Kamu bisa lakukan Disk Defragmentation, banyak software gratis yang memiliki fungsi Disk Defragmentation ini, dan dapat diandalkan. 

Lalu tidak dianjurkan mengaktifkan atau menjalankan aplikasi yang tidak urgent, tetapi hanya memberatkan kerja di komputer seperti screen saver. Hal terakhir yang jangan lupa dilakukan, lakukan pembersihan Registry secara teratur, seperti 2 bulan sekali, bisa menggunakan software gratis di internet yang memiliki fungsi seperti itu. 

Dengan melakukan hal-hal seperti itu, maka dapat mempercepat komputer / laptop, termasuk startup Windows juga bisa menjadi lebih cepat.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android