Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows

Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows -- Dalam menggunakan komputer ataupun laptop, maka ada saja masalah yang muncul, seperti salah satunya kita mengahpus suatu file, yang ternyata beberapa hari kemudian file tersebut masih diperlukan, akan tetapi sudah terlanjur terhapus, dan juga sudah terhapus di Recycle Bin.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows

Nah, apabila Kamu ketika menggunakan komputer, mungkin bisa kehilangan data karena tanpa sengaja terhapus, atau juga sudah terlanjur dihapus secara sengaja, mengira file tersebut tidak diperlukan, tetapi setelah beberapa waktu, baru menyadari bahwa file tersebut masih diperlukan.

Untuk mengatasinya Kamu bisa menggunakan bantuan dari software Recuva recovery, dimana software ini dinilai memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menemukan atau mengembalikan file yang sudah terhapus pada sistem operasi windows Kamu, tentu yang dimaksud terhapus disini yaitu termasuk terhapus di Recycle Bin.

Nah, untuk kamu yang punya masalah dengan data atau file yang hilang atau terhapus, padahal sangat membutuhkannya, maka kita masih ada peluang untuk mengembalikan file terhapus itu, sebenarnya terdapat beberapa software yang memiliki kemampuan seperti itu, diantaranya software Recuva, Recovery My Files, Get Data Back, Undelete Plus dan Easy Recovery

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Windows

Adapun untuk pembahasan kali yaitu dengan menggunakan software Recuva, dimana ini merupakan sebuah software gratis, yang ringan berjalan di komputer, jika Kamu belum memilikinya maka Kamu bisa download pada link yang disediakan di bawah.

Download software Recuva di situs Filehippo, gratis

Dimana software Recuva ini besarnya hanya sekitar 4 MB saja, sehingga sangat kecil ukurannya. Setelah kamu memiliki software Recuva lalu instal, maka berikut di bawah ini cara menggunakannya untuk restore pada file yang terhapus di Windows:
  1. Pertama-tama Kamu jalankan software Recuva.
  2. Lalu  muncul ke jendela yang berisi pesan “Welcome to the Recuva Wizard”
  3. Setelah itu Klik saja Next
  4. Kamu akan menuju di bagian bawah ke jendela “File Type”
  5. Pada Jendela “File Type” itu, pilih jenis data yang akan dicari
  6. Lalu Klik Next
  7. Lalu Kamu pilih Directory tempat file yang kamu rasa hilang atau terhapus terakhir kali, jika tidak tahu atau lupa maka pilih pada semua lokasi di drive
  8. Lalu Klik Next
  9. Lalu Kamu akan menuju sebuah jendela yang berisi pesan “Recuva is Now Ready to search for Your File”
  10. Lalu Kamu centang pada kotak yang bertuliskan “Enable Deep Scan”. Tujuannya agar scan yang dilakukan dapat akurat dab lengkap
  11.  Lalu Klik Start
  12. Dengan begitu proses mencari filenya dimulai, prosesnya agak lama, tunggu hingga selesai.
  13. Jika Kamu sudah melihat file hilang yang Kamu inginkan, maka Kamu sudah dapat langsung memilihnya.
  14. Akan tetapi, lihat kondisi file, jika berwarna hijau berarti file dalam keadaan baik, jika berwarna kuning berarti file masih ada kemungkinan bisa diselamatkan. Adapun jika berwarna merah berarti file sudah dalam keadaan rusak, sehingga tidak dapat dikembalikan.
  15. Apabila file dalam keadaan baik ,maka Kamu pilih filenya, lalu klik Recover
  16. Lalu Kamu pilih lokasi penyimpanannya (bebas)
  17. Selesai.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android