Cara Membuat Grup Icon di Desktop Windows, Beserta Nama Label

Tentunya Kamu sudah mengetahui kan… tentang icon di Desktop? Yang berperan sebagai shortcut agar kita dapat dengan cepat dan mudah memanggil atau membuka suatu program, dimana icon di desktop bisa untuk kita pindahkan letaknya, dengan caranya yang mudah, yaitu menyeretnya lalu melepasnya.

Cara Membuat Grup Icon di Desktop Windows, Beserta Nama Label
Cara Membuat Grup Icon di Desktop Windows, Beserta Nama Label

Tentunya kalau melakukan itu, sudah umum dilakukan oleh para pengguna komputer atau laptop. Nah, dengan software yang dibahas pada kali ini, yaitu software Fences, maka Kamu bisa meletakkan icon di desktop secara terorganisir, dengan dapat diberikan bentuk grup dengan beserta nama labelnya. 

Dimana ini tampaknya seperti pada fitur grup yang ada dalam layar Start di Windows 8.1. Yang disana Kamu bisa memberikan nama label pada grup itu, lalu membuat ikon-ikon desktop menjadi teratur susunannya. Manfaat dari melakukan hal ini adalah kamu nantinya dapat lebih mudah menjalankan suatu aplikasi melalui desktop, terutama jika icon yang di desktop komputer Kamu sudah lumayan banyak.

Versi software Fences yang kita gunakan adalah Fences 1.01, walaupun sudah ada versi 2.0 tetapi itu berbayar, sehingga yang kita inginkan versi gratis seperti versi 1.01. walaupun software Fences 1.01 hanya berupa software gratis tetapi tetap memiliki fitur dan tampilan yang cukup baik, yang tidak kalah beda dengan Fences versi terbaru yang berbayar.

Cara Membuat Grup Icon di Desktop Windows, Beserta Nama Label

Kamu dapat menggunakan software Fences 1.01 secara gratis dan legal, yang tanpa ada mengurangi fiturnya, yang dapat Kamu andalkan untuk mempercantik tampilan desktop milikmu. Software Fences 1.01 dapat Kamu jalankan dan gunakan dengan mudah, dengan tampilan interface yang user friendly.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan Fences adalah kemudahan dalam mengatur desktop, dimana nantinya setelah kategori atau label dibuat, maka Kamu hanya perlu menyeret icon desktop ke kategorinya, sehingga dapat dengan muda mengelompokan icon yang sesuai dengan jenisnya.

Dengan klik-kanan pada desktop, lalu Kamu dapat membuat sebuah kotak yang nantinya berisi banyak icon, yang kotak tersebut dapat Kamu icon secara bebas, Kamu juga dapat membuat nama label / kategori secara bebas. Setelah klik-kanan lalu klik Create new Fence from these icons.

Kemudian baru kamu buat label, dengan memberikan namanya secara bebas, lalu tinggal Kamu masukan icon-icon yang ada di desktop pada kotak grup yang baru saja dibuat.

Jika muncul masalah….
Dimana masalah dalam menggunakan software Feces 1.01, yaitu semua icon di desktop tidak dapat untuk diseret, sehingga juga membuat Kamu tidak dapat membuat Fences yang terorganisir. Apabila Kamu mengalami masalah seperti ini, maka ada solusi yang agak “aneh” untuk mengatasinya. 

Yaitu dengan melakukan cut pada icon, lalu paste icon desktop di tempat kotak yang Kamu inginkan, hingga akhirnya semua icon di desktop sudah Kamu atur, sehingga terorganisir sesuai dengan label atau kategorinya.

Cara menggunakan software Fences 1.01, yaitu:
  1. Klik-kanan di desktop
  2. Lalu pilih Configure Fences
  3. Lalu akan muncul jendela baru.
  4. Pada tab pertama, disana terdapat pengaturan untuk mengubah layout, Kamu pilih Customized Layout untuk membuat berbagi Fences memiliki ukuran dan letak yang berbeda, sesuai dengan yang Kamu mau. Adapun apabila Kamu ingin menjadikannya rapi, bisa dengan mengganti ke opsi “Choose a layout”. 
  5. Pada tab “Appearance”, disana tersedia pengaturan untuk menggunakan label atau tidak, lalu ada juga pengaturan warna, lalu juga mengatur untuk menampilkan garis tipis pada bagian luar Fences, atau tidak.
  6. Pada  tab “Tools”. Disana terdapat opsi untuk menyembunyikan semua icon di desktop ketika Kamu klik ganda desktop, dan dapat membuatnya tampil kembali ketika klik ganda pada desktop kembali. Kamu juga bisa membuat pengecualiannya, dengan klik-kanan pada icon, lalu pilih Exclude this icon from Fences’ quick-hide.
  7. Masih pada tab “Tools”. Kamu bisa  Klik pada “Take Snapshot” yang berfungsi untuk mengambil screenshot.


Apabila Kamu merasa software Fences membuat lambat komputer atau laptop milikmu, maka masih bisa diakali dengan bantuan fitur quick-hide, dimana setelah booting dan masuk desktop maka semua icon desktop tidak akan muncul. Dimana tujuan dari setting menjadi ketidakmunculan icon ini agar tidak melambatnya komputer saat startup. Nah, nantinya Kamu dapat memunculkannya icon hanya dengan mengklik ganda pada desktop, ketika komputer sudah selesai startup.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android