9 Cara Ampuh Mengatasi Panas (Overheat) Pada Samsung Galaxy S4

Sejak masa dirilisnya, produk ponsel Samsung Galaxy S4 mendapatkan berbagai tanggapan dan sambutan yang positif maupun negatif dari para penggunanya. Ada yang memuji dan ada juga mengkritik bagian tertentu dari ponsel Samsung Galaxy S4 ini.

Pada spec yang dimiliki, dilengkapi dengan processor yang dapat dikatakan sangat bagus dan berkecepatan tinggi, kemudian didesain dengan layar Super AMOLED, dengan resolusi Full HD, yaitu 1920 x 1080p. kemudian juga memiliki layar yang anti gores dengan Gorilla Corning Glass, dan yang luar biasa dilengkapi dengan fitur kamera yang berkualitas tinggi yaitu 13 Mega Pixels.

Dan terdapat banyak fitur-fitur lainnya, baik dari perangkat keras, lebih-lebih perangkat lunaknya yang sangat luar biasa, sehingga akan memberikan kenyamanan dan pengalaman pengguna yang sangat baik.

Disamping keluarbiasaannya itu, terdapat beberapa hal yang dinilai kekurangan yang cukup mengganggu dari para konsumen produk Samsung Galaxy 4 ini, seperti salah satunya yaitu kondisi ponsel yang ternyata yang cepat mengalami panas (overheat), disamping itu baterai juga cepat habis, sehingga membuat penggunanya sering melakukan charge berkali-kali dalam sehari, padahal Samsung Galaxy S4 ini dibekali dengan baterai 2.600 mAh.

Pada beberapa laporan yang dipublikasikan di beberapa web terpecaya, menyatakan bahwa suhu ponsel dapat mencapai 50 derajat celcius, sehingga membuat kenyamanan pengguna menjadi tidak maksimal. Bahkan pernah dilaporkan ada sebuah kasus dimana Samsung Galaxy S4 meledak dan mengakibatkan kebakaran di sebuah apartemen di Negara Hongkong.

Kemungkinan, perangkat yang mengalami panas karena disebabkan oleh processor Galaxy S4 Quad Core yang tidak dilengkapi sistem pendinginan yang cukup mumpuni, sehingga dengan desain ponsel yang slim membuat perangkat menjadi semakin mudah panas, terutama ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi berat dalam waktu lama.

Dimana seperti halnya CPU pada komputer, Processing Unit itu juga dapat menghasilkan panas ketika mengolah data dan grafis.

Akan tetapi, seperti diketahui pada perangkat komputer terdapat sistem pendinginan berupa heatsink, lalu ada kipas di motherboard, serta juga casing yang dapat dengan baik membuang hawa panas, sehingga komputer dapat tetap terjaga dengan suhu yang normal. 

Adapun pada perangkat Samsung Galaxy S4 yang slim, didesain dengan CPU yang memiliki kecepatan luar biasa, akan tetapi tidak diimbangi dengan sistem pendinginan yang baik.

Sehingga hal ini yang membuat perangkat menjadi panas, yang dilaporkan ada yang mencapai 50 derajat celcius. 

Walaupun memang pihak Samsung sudah berusaha untuk mengatasi masalah ini, dengan memasang batasan panas (thermal limit), tetapi masalah perangkat yang panas masih dikeluhkan oleh penggunanya. Disamping itu konsumsi baterai juga menjadi sangat boros.

Cara Mengatasi Panas (Overheat) pada Samsung Galaxy 
Menaggapi fenomena ini, terdapat berbagai situs di internet yang memberikan berbagai tips untuk mengatasi masalah panas pada ponsel Samsung Galaxy S4 ini, berikut di bawah ini rangkuman tips-tipsnya:

1. Yang perlu diketahui, bahwa perangkat Samsung Galaxy S4 akan tetap bekerja untuk mencari jaringan koneksi internet yang tersedia, bahkan ketika tidak sedang menggunakannya. Untuk itu dalam keadaan seperti itu, disarankan agar mematikan sementara fitur mencari jaringan internet, sehingga ini akan meringankan kerja ponsel, dan menghindarkan dari panas berlebih. 

2. Ada baiknya untuk mematikan perangkat smartphone ketika sedang mengisi ulang daya baterai (charging), sehingga dapat mengistirahatkan komponen didalamnya sementara.

loading...
3. Matikan fitur-fitur yang membuat prosesor bekerja dengan keras, ketika tidak digunakan, seperti fitur GPS, bluetooth, Wi-Fi, Fitur Smart Scroll, Gesture Air, Smart Stay, Air Shuffle, Motion Gesture, dan fitur-fitur lainnya yang tidak sedang digunakan. Dan Kamu aktifkan fitur ini jika memang baru diperlukan.

4. Disarankan setting kecerahan layar (brightness) seperlunya saja, jangan terlalu terang, tetapi yang penting cukup nyaman.

5. Kamu bisa memperpendek jarak waktu penguncian otomatis (screen timeout), ini dapat menghemat daya baterai.

6. Usahakan untuk menggunakan wallpaper yang didominasi warna hitam saja, karena layar AMOLED akan mati secara otomatis jika menampilkan pixels yang berwarna hitam, ini juga dapat menghemat baterai, dan membuat ponsel bisa dingin kembali dengan cepat, setelah sebelumnya panas karena digunakan untuk menjalankan aplikasi.

7. Kamu bisa menggunakan fitur penghemat daya (power saving) di dalam perangkat, sehingga ini membantu untuk menghindari panas berlebih, dan juga menghemat penggunaan baterai. Kamu dapat menemukan menu power saving di bagian Settings / Pengaturan.

8. Kamu bisa memanfaatkan task manager untuk membersihkan RAM dari berjalannya aplikasi yang tidak diperlukan, sehingga nantinya aplikasi yang tidak sedang digunakan tertutup.

9. Tidak perlu memasang aplikasi pihak ketiga yang berfungsi sebagai penghemat baterai dan aplikasi Task Manager atau Apps Killer, karena fitur seperti ini. umumnya sudah ada secara default pada Samsung Galaxy S4.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android