6 Tips Mengatasi Ponsel Samsung Galaxy Yang Lemot

Tips Mengatasi Ponsel Samsung Galaxy Yang Lemot -- Seperti diketahui bahwasannya terdapat berbagai jenis ponsel Samsung Galaxy baik, ataupun dalam bentuk perangkat   tablet juga banyak jenisnya. Diantaranya seperti Samsung Galaxy Young, Grand, Mini, Fame, Note, Tab, Galaxy S3, S4 dan S5. Selain itu juga ada tipe Galaxy Star, Ace, Core Duos, Mega, Chat, Beam, Advance, Pocket, dan akan terus muncul berbagai jenis / tipe ponsel Samsung kedepannya. 

Pada semua jenis ponsel cerdas dan tablet keluaran merek Samsung tersebut, tentu secanggih apapun suatu perangkat dengan berbagai fitur dan kualitas yang tinggi, akan muncul problem berupa kinerja sistem perangkat yang lemot, yang tentunya tidak sesuai dengan harapan.

Tips Mengatasi Ponsel Samsung Galaxy Yang Lemot

Selain itu masalah perangkat yang lemot ini bukan hanya terjadi pada merek Samsung, jug muncul keluhan dari pengguna merek lain seperti ponsel Blackberry, Sony Xperia dan lainnya yang juga mengalami problem seperti itu juga. 

Sehingga berkaitan dengan hal ini, maka cukup perlu tampaknya penggunanya dapat mengetahui komponen-komponen yang terdapat di dalamnya, seperti prosesor, RAM, Memory dan GPU, dimana komponen-komponen tersebut akan sangat menentukan kinerja dan performa pada satu perangkat ponsel maupun tablet. Mengenai pembahasan in, berikut dibawah ini beberapa tips untuk mengatasi ponsel Samsung Galaxy yang lemot:

1. Nonaktifkan saja aplikasi bawaan perangkat ponsel yang tidak Kamu perlukan
Seperti diketahui, ketika membeli ponsel maka kita mendapati ada beberapa aplikasi bawaan dari pabrik, yang mungkin tidak kit butuhkan, sehingga kamu dapat memutuskan untuk menonaktifkan aplikasi tersebut, sehingga nantinya dapat meringankan kerja prosesor dan memori, berikut caranya:
  1. Pertama-tama pengaturan
  2. Lalu pilih aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan
  4. Kamu hapus instalan atau nonaktifkan
  5. Apabila ternyata aplikasi tersebut sudah mengalami update dengan menginstal versi baru, maka bisa menghapus instalan tersebut, kemudian  tinggal non-aktifkan, hal ini dilakukan jika Kamu menemukan kendala dalam menonaktifkan aplikasi tersebut.

2. Memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (SDCard)
Apabila memang dapat dilakukan, maka sangat disarankan untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal (SDCard). Caranya bisa  dilakukan secara manual, atau Kamu dapat melakukan nya secara otomatis, dengan bantuan aplikasi Link2SD. Tujuan dari melakukan ini adalah meringankan kerja hardware atau komponen pada perangkat ponsel.

3. Bersihkan sampah berupa file cache, history, memori, dll
Dimana setiap aktifitas yang Kamu lakukan pada ponsel Samsung kesayanganmu itu, baik itu aktifitas browsing, bermain game, atau membuka berbagai aplikasi yang ada di dalam ponsel. Maka hal itu akan meninggalkan sebuah data, yang berupa file cache, history, memori, dll. Yang sebenarnya file-file tersebut tidak terlalu diperlukan, hanya berfungsi untuk menyimpan riwayat. 

Sehingga apabila memang tidak diperlukan, maka sangat disarankan untuk dihapus saja, karena jika dibiarkan maka file “sampah” tersebut akan semakin menumpuk, sehingga memperberat kinerja sistem, agar dapat dengan mudah,, aman dan cepat dalam menghapusnya, maka bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Clean Master.

4. Hindari melakukan multitasking pada ponsel
Kalau memang tidak darurat atau tidak terlalu perlu, maka lebih baik hindari melakukan multitasking, seperti jangan menjalankan program game, browser, pemutar video dan radio secara bersamaan, hal ini akan sangat memberatkan kinerja prosesor, sehingga selain ponsel menjadi lambat, juga membahayakan kesehatan dari komponen ponsel tersebut karena bekerja terlalu keras.

5.  Soft reset atau hard reset
Dimana ini untuk mengembalikan perangkat ponsel agar mendapatkan performa yang maksimal seperti semula. Karena Kamu akan memuat ponsel seperti kondisi baru, dimana data, aplikasi dan lainnya akan terhapus, sehingga ponsel akan tampak seperti baru dibeli, dan semua pengaturan kembali default. Tentunya sebelum melakukan hal ini Kamu perlu membackup semua data, kontak, dan file-file penting, untuk melakukan dengan mudah maka Kamu dapat memakai bantuan dari aplikasi mobogenie for PC.

6. hal penting lainnya agar ponsel tidak lemot yaitu lakukan cara pemakaian ponsel yang baik, dimana jangan sampai Kamu memberikan beban melebihi kemampuan (spesifikasi) dari perangkat ponsel milikmu, karena ini dapat merusak perangkat dengan lebih cepat. Beberapa aplikasi yang cukup memberatkan kerja sistem, seperti BBM, WhatsApp, Line, KakaoTalk, Yahoo Messenger, Game HD, dan semacamnya, sehingga ketika menggunakan aplikasi yang disebutkan diatas, maka jangan menjalankan aplikasi lainnya karena sudah sangat memberatkan kerja CPU.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android