5 Tips Meningkatkan Performa TouchWiz UI, Ponsel Samsung Galaxy Android

Produk dari keluarga Samsung Galaxy Android dengan TouchWiz UI tidak dapat dipisahkan , akan tetapi kalau berbicara mengenai soal kecepatan maka memang hal tersebut tidak selalu menjadi yang terbaik, yang mungkin akan ditemui beberapa kendala, yang sebenarnya cukup sering dikeluhkan penggunanya.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri terdapat banyak fitur canggih yang di dalam perangkat Samsung Galaxy, yang sebenarnya sangat berguna, akan tetapi cukup banyak menggunakan daya baterai. Selain itu membuat performa dan kecepatan menjadi menurun, tentu ini karena sistem yang berusaha menjalankan fitur-fitur canggih, yang cukup banyak menggunakan resources sistem.


Tips Meningkatkan Performa TouchWiz UI, Performa Ponsel Samsung Galaxy Android

Berikut di bawah ini beberapa tips agar dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja dari ponsel Samsung Galaxy Android yang dengan antarmuka TouchWiz UI.

1. Stop berjalannya Aplikasi yang tidak Kamu perlukan
Kalau dilihat, maka terdapat lumayan proses aplikasi yang berjalan di background sistem, walaupun aplikasi tersebut sedang tidak digunakan, ini bukanlah hal yang baik, karena membuat kinerja ponsel menjadi lebih lambat. Untuk itu, sangat disarankan Kamu menutup aplikasi yang memang tidak digunakan secara manual, caranya pergi ke menu Settings, lalu Kamu buka Application Manager.

Maka Kamu akan melihat semua proses aplikasi yang aktif, Kamu hentikan atau tutup aplikasi yang memang seharusnya Kamu hentikan, yaitu yang memang tidak Kamu gunakan, terutama yang banyak memakan sumber daya. Akan tetapi jangan tutup program yang diperlukan sistem, jadi hati-hati. Terlalu banyaknya aplikasi yang Kamu jalankan, juga membuat baterai menjadi boros / cepat habis.

2. Kamu tutup Aplikasi via Jendela Multitasking
Jendela multitasking di Samsung Galaxy umumnya bisa Kamu akses dengan menekan lama tombol home, sehingga daftar semua aplikasi yang aktif akan terbuka. Kamu dapat mengurangi jumlah aplikasi yang aktif di jendela ini, yaitu dengan menggesernya ke kanan, sehingga nantinya aplikasi tersebut akan tertutup atau nonaktif. Kamu tutup, terutama pada Aplikasi yang memakan banyak sumber daya memori RAM, dimana hal itu dapat memperlambat kinerja ponsel Samsung Galaxy.

3. Kamu hapus Widget yang memang tidak digunakan
Widget yang terletak pada layar homepage, diantaranya (yang berbentuk live widgets) seperti Weather, Clock, Mails, Social network, update widget dan semacamnya. Hal itu mengakibatkan terlalu banyak program yang harus dijalankan oleh prosesor, sehingga performa ponsel pun tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan. Untuk itu, cukup penting mengatur widget agar benar-benar rapih, dan copot atau hapus widget yang memang tidak  terlalu Kamu perlukan.

4. Jika bermasalah, lakukan saja restart pada ponsel.
Dengan restart ponsel, yaitu mematikannya lalu menghidupkannya kembali, maka berguna untuk menghentikan semua proses yang tidak diinginkan, yang tidak bisa ditutup, sehingga proses yang tidak diinginkan tersebut akan memberatkan kerja sistem ponsel. Dengan melakukan restart tersebut, maka dapat mengembalikan kecepatan dan performa ponsel Samsung Galaxy Kamu agar maksimal kembali.

5. Matikan saja fitur Animasi
Dimana tampilan animasi memang enak untuk dilihat, tetapi dapat memberatkan kerja sistem ponsel Samsung Galaxy Android Kamu. Apabila memang tidak terlalu perlu dengan fitur animasi, maka disarankan agar Kamu mematikannya saja, caranya pergi ke Settings, lalu pilih Developer options, kemudian Kamu atur opsinya menjadi off:

Tips ini khusus dijalankan untuk Akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan pada ponsel Samsung Galaxy Android seperti Samsung Galaxy Grand, dimana tidak terdapat pengaturan Developer options dan pengaturan animasi pada jenis ponsel yang lebih lawas, seperti Galaxy Mega. Dengan mematikan fitur animasi, maka dapat meminimalisir ponsel Kamu menjadi lemot bahkan mengalami lag.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android