11 Tips Merawat Laptop

Untuk bisa merawat laptop dengan baik dan benar maka bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, Kamu hanya mengetahui beberapa hal sederhana saja. Merawat laptop ini merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diketahui oleh para pemilik gadget yang sedang naik daun ini. Dan hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa merawat laptop ini memiliki beberapa perbedaan dengan merawat komputer.

11 Tips Merawat Laptop
11 Tips Merawat Laptop

Dimana nantinya dalam merawat laptop ini kita perlu memiliki pengetahuan dari karakteristik laptop itu sendiri, kita tahu mana bagian baterai dan cara merawatnya dengan biak dan benar, demikian juga pada bagian keyboard, layar monitor dan bagian-bagian lainnya yagn amat penting untuk kita ketahui.

Tips merawat laptop dengan baik dan benar

Dengan merawat laptop secara benar maka sangat diharapkan laptop milikmu dapat menjadi awet, berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Charge baterai hingga penuh

Baterai memiliki peran penting untuk menyimpan sumber tenaga listrik pada laptop, sehingga dengannya membuat keunggulan laptop atas komputer yaitu terletak pada baterainya, laptop lebih fleksibel karena dapat dibawa kemana saja. Adapun jika tanpa baterai, maka laptop harus selalu dihubungkan secara langsung pada sumber listrik, sehingga menjadi seperti komputer. Adapun hal yang cukup penting diketahui pada baterai adalah pada pengisiannya yang harus dilakukan secara benar.

Ketika Kamu melakukan chare atau pengisian maka isilah baterai laptop tersebut hingga penuh, setelah itu baru digunakan seperti biasa, hindari menggunakan laptop sebelum baterai penuh, karena jika ini menjadi sebuah kebiasaan maka tidak baik untuk keawetan baterai laptop Kamu jadinya.

2. Disarankan melepas baterai jika digunakan dalam waktu lama

Kamu dapat melepas baterai saja ketika ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu lama dengan menghubungkan ke listrik. Walau memang pada pun laptop terdapat fasilitas untuk memutus arus otomatis apabila baterai sudah dalam keadaan penuh, akan tetapi pada prakteknya tetap ditemukan masalah, dimana dapat menyebabkan kebocoran baterai, hal itu karena walaupun sudah terputus otomatis saat baterai penuh tetapi baterai akan tetap berada dalam keadaan sangat panas karena kontak dengan sumber listrik tersebut.

3. Menggunakan stabliser (ketika menggunakan laptop tanpa baterai)

Hal ini cukup penting juga dilakukan apabila listrik di rumah dalam keadaan yang tidak stabil, sedang Kamu menggunakan laptop baterai (langsung ke listrik). Untuk itu juga disarankan menggunakan stabliser sebelum laptop nantinya terhubung ke listrik. Kamu dapat menggunakan UPS sehingga nantinya ketika listrik tiba-tiba padam maka laptop masih dalam keadaan stabil (tidak kaget) yang dapat menyebabkan laptop bermasalah .

4. Gunakan cahaya layar secukupnya

Penting untuk mengatur kecerahan layar dengan secukupnya, untuk itu usahakan agar menggunakan layar yang agak redup, tetapi tentunya jangan terlalu redup dimana Kamu masih bisa melihat dengan jelas. Hindari setting layar laptop terlalu cerah, karena hal itu hanya akan memboroskan baterai.

5. Cek program yang berjalan

Terutama yaitu memeriksa program software yang berjalan otomatis di belakang layar (background). Hal itu karena dengan terlalu banyak software yang berjalan di laptop maka hal ini membuat baterai menjadi cepat habis, dan kerja laptop menjadi berat.

6. Membersihkan keyboard

Kamu dapat meniupkan udara yang bertekanan rendah, seperti menggunakan kompresor udara diarahkan ke sela-sela keyboard untuk membersihkan kotoran dan debu yang ada disana.

7. Gunakan keyboard protector

Untuk keamanan dan kebersihan maka sangat disarankan Kamu menggunakan keyboard protector yang berguna untuk melindungi keyboard, utamanya melindungi dari air yang menetes karena sangat rentan merusak alat elektronik seperti keyboard ini, kemudian juga keyboard terhindari dari kotoran dan debu.

8.  Jangan biarkan laptop overheat.

Overheat atau panas yang berlebihan mengakibatkan komponen-komponen laptop dapat mengalami aus atau bahkan kerusakan. Untuk itu maka cukup penting mengistirahatkan laptop ketika digunakan, hindari terlalu sering menggunakan laptop hingga berjam-jam tanpa henti, karena itu sangat tidak baik untuk kesehatan laptop milikmu.

9. Perhatikan ventilasi laptop.

Perhatikan adakah sesuatu benda yang menghalangi atau bahkan menutup lubang ventilasi laptop, yang menyebabkan aliran udara menjadi terhambat, maka hal ini dapat membuat laptop menjadi cepat panas. Demikian juga menggunakan laptop di kasur, bantal dan semacamnya dapat membuat laptop menjadi cepat panas.

10. Hindarkan laptop dari magnet

Hal yang cukup penting juga adalah menghindari barang -barang yang mengandung magnet berada di dekat laptop, karena itu akan mengganggu komponen-komponen yang terdapat di dalam laptop.

11. Hindari force Shutdown

Force Shutdown ini yaitu mematikan sebuah komputer dengan cara kasar dan paksa dimana mematikannya dengan memencet tombol power dengan agak lama, sehingga setelahnya mati, atau cara semacamnya yang tidak melewati langkah shutdown maka kurang baik dilakukan, karena dapat merusak komponen (hardware) dan data-data yang terdapat di dalam laptop. Untuk itu lakukan prosedur shutdown secara benar.

Demikian beberapa tips dalam merawat laptop, semoga bermanfaat.

Baca juga:

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android