5 Cara Membuat File PDF

Bagi sebagian orang membuat file PDF dirasa cukup sulit dilakukan karena mengetahui sifat dokumen PDF yang memang berbeda dengan dokumen seperti word. Pada word maka tulisan di dalamnya bisa untuk diedit. Adapun pada PDF tulisan di dalamnya tidak bisa diedit atau diubah. Untuk membuat sebuah dokumen PDF sebenarnya adalah hal yang mudah dilakukan.

Membuat file PDF dapat kita lakukan dengan cepat dan mudah, serta tentunya gratis. Adapun file PDF ini sering digunakan karena sudah menjadi format standar dalam membuat suatu buku internet (digital) atau yang sering disebut dengan Ebook. Dengan membuat file PDF, berarti kita bisa untuk membuat ebook, yang nantinya dapat dipublikasikan di internet, atau salah satunya ke sosial media.

Dan file dokumen PDF ini umumnya di dalamnya berisi teks, yang disamping itu juga dapat memasukkan gambar, grafik dan lainnya ke dalam PDF. Beberapa contoh lainnya penggunaan penggunaan dokumen yang berbentuk file PDF yaitu untuk membuat jurnal ilmiah digital, scan surat berharga kemudian dikonversi ke format PDF, dan untuk banyak hal lainnya.

Cara Membuat File PDF

Terdapat beberapa cara membuat file PDF, seperti salah satu metode yang  sangat terkenal adalah menkonversi dokumen word menjadi dokumen PDF, yang dengan dilakukan konversi tersebut maka dokumen menjadi permanen, maksudnya isinya tidak bisa diubah. Selain itu file PDF lebih aman dari serangan program jahat seperti virus. Berikut di bawah ini beberapa cara untuk membuat file PDF.

1. Membuat file PDF dengan Microsoft Office.

Apabila Kamu merupakan pengguna dari MS. Office 2010 keatas maka tidak perlu menginstal add-in (link downloadnya nanti akan diberikan). Adapun untuk pengguna Microsoft Office 2007 maka perlu untuk memasang add-in, sehingga nantinya bisa mengubah Word ke PDF. Berikut di bawah ini penjelasan langkah-lagkahnya secara lengkap.
  1. Pertama-tama pasang add-in untuk membuat PDF (untuk pengguna dari MS. Office 2010 keatas tidak perlu melakukan ini, langsung ke langkah nomor 10). Download add-in di situs resmi Microsoft di http://www.microsoft.com/download/en/confirmation.aspx?id=7
  2. Untuk mendownload maka tinggal klik tombol download di situs tersebut, pilih pada download Save as pdf
  3. Kemudian muncul sebuah tampilan, klik pada tombol no thanks and continues.
  4. Prose download dimulai.
  5. Setelah selesai proses downloadnya, maka install file yang didownload tersebut, caranya
  6. klik 2 kali pada file SaveAsPDF.exe tersebut
  7. Lalu klik Yes
  8. Setelah itu Kamu perlu ceklis click here to..., Kemudian klik continue.
  9. Proses memasang add-in dimulai, tunggu hingga selesai.
  10. Setelah proses instal selesai, maka sekarang kita dapat mengubah word ke PDF.
  11. Caranya klik icon office (ada di pinggir atas)
  12. Pilih menu Save as
  13. Pilih PDF
  14. Kemudian berikan nama file PDF (terserah Kamu)
  15. Setelah itu klik publish, dan proses membuat file pdf dimulai.
  16. Cara membuat PDF ini, caranya hampir sama pada semua versi Microsoft office, baik itu yang versi 2007, 2010, 2013 atau diatasnya. Intinya tinggal pilih save as, lalu pilih PDF.

2. Membuat File PDF secara online

Apabila komputer atau perangkat Kamu terkoneksi ke jaringan internet, maka Kamu dapat membuat pdf secara online pada sebuah layanan aplikasi di internet. Beberapa jenis file yang dapat diubah menjadi PDF yaitu File dokumen (Word, Excel, PPT, TXT) dan file gambar (JPG, PNG, BMP, TIFF, GIF dll). Berikut di bawah ini cara membuat PDF secara online:
  1. Pertama-tama kunjungi situs http://pdfonline.com/convert-pdf
  2. Kemudian pada situs tersebut klik “Upload file to convert”
  3. Setelah itu muncl jendela, Kamu pilih file dokumen yang ingin dijadikan PDF. Lalu klik Open.
  4. Kemudian Kamu tunggu proses konversi hingga selesai.
  5. Setelah 100% selesai, maka akan tampil halaman yang berisi file yang dikonversi ke PDF tersebut.
  6. Kamu tinggal mengambil file PDF yang sudah jadi tersebut, caranya klik pada tombol download (ada di atas).
  7. Kemudian biasanya muncul halaman survey, bagian ini tidak penting, maka klik saja pada “Skip survey”.
  8. Dan yang terakhir adalah klik pada tombol Download PDF File.
  9. Setelah itu proses mendownlaod file PDF yang sudah jadi tersebut akan dimulai, tunggu hingga selesai.

3. Membuat file PDF dengan CutePDF.

Software CutePDF memiliki kemampuan untuk mengubah jenis file dokumen menjadi ke format PDF. CutePDF adalah software yang dapat Kamu gunakan secara gratis, dan tidak ada batasan penggunaan serta tidak ada tampilan watermark yang mengurangi keindahan file PDF yang dibuat.

Download software CutePDF disini

Setelah itu pasang software tersebut di komputer atau laptop Kamu. Dan untuk membuat file PDF menggunakan CutePDF dapat dengan mudah dilakukan, karena CutePDF sudah didesain agar terintegrasi dengan subsystem printer. Sehingga software CutePDF dapat berperan sebagai printer virtual dalam membuat dokumen file PDF.

Cara menggunakan CutePDF, pertama-tama buka dokumen yang ingin Kamu ubah menjadi dokumen PDF, setelah itu pilih print (menu ini juga bisa Kamu peroleh dengan klik kanan pada file dokumen), setelah itu muncul sebuah jendela, disana Kamu ganti opsi printer-nya dengan CutePDF Writer pinter.

Setelah Kamu setting seperti itu, maka Klik OK. Lalu akan tampil sebuah jendela meminta Kamu memilih tempat penyimpanan file PDF yang akan dibuat. Maka silahkan Kamu pilih lokasinya, lalu Klik OK. Dengan begitu proses membuat file PDf akan dimulai, Kamu tunggu hingga selesai.

4. Membuat PDF dengan Free PDF Creator

Software Free PDF Creator dapat secara gratis kamu gunakan untuk mengubah semua jenis dokumen ke bentuk file PDF, dengan lebih dari 300 format file dokumen dan file lainnya yang didukung. Keunggulan lainnya dari Free PDF Creator yaitu support pada font Asia Language, terdapat banyak pilihan hasil keluaran, fitur mengubah properti dokumen dan memasukkan password pada dokumen PDF yang dibuat. Berikut di bawah ini cara menggunakan software Free PDF Creator.
  1. Pertama-tama download software PDF Creator di http://www.pdfconverter.com/freepdfcreator
  2. Kamu buka file dokumen yang ingin dibuat menjadi file PDF
  3. Pilih menu file, lalu pilih print
  4. Pada daftar yang ada disana Kamu pilih print dengan metode “Free PDF Creator”
  5. Lalu muncul menu setting hasil PDF nantinya.
  6. Pada setting “Output quality” gunanya mengatur kualitas PDF (dapat Kamu pilih secara bebas)
  7. Pada setting “Document properties”, gunanya yaitu untuk mengisi judul, memberi nama pembuat, damn beberapa lannya yang dapat kamu lihat disana.
  8. Pada setting “Security” gunanya yaitu membuat password atau tidak, mengaktifkan fitur copy atau tidak dan beberapa fungsi lainnya
  9. Setelah Kamu seting semuanya, maka baru mulai proses mengubah dokumen tersebut ke PDF, tunggu proses hingga selesai.

5. Membuat File PDF Dengan Foxit Reader 6

Foxit Reader adalah software pdf reader yang dapat Kamu gunakan secara gratis. Dengannya Kamu dapat membuka file PDF dan membaca isinya dengan nyaman.  Kemampuan lainnya yaitu membuat file PDF, yaitu Kamu dapat mengkonversi suatu dokumen menjadi bentuk file PDF. Di bawah ini link downloadnya:

Download software Foxit Reader 6 gratis disini

Tutorial membuat file PDF penggunaan software Foxit Reader 6 cukup mudah untuk dilakukan dan prosesnya juga cepat. Berikut di bawah ini caranya:
  1. Pertama-tama jalankan software Foxit Reader
  2. Kamu buka menu File
  3. Lalu pilih Create
  4. Pilih From File.
  5. Lihat disebelah kanannya lagi, klik “From File”.
  6. Setelah itu silahkan cari file yang ingin Kamu ubah menjadi bentuk PDF.
  7. Lalu klik Open.
  8. Lalu muncul sebuah tampilan, maka klik Save
  9. Setelah itu proses membuat file pdf dimulai.
  10. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Demikian saja sudah dibahas beberapa cara membuat file PDF baik secara online maupun offline, semoga bermanfaat.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android