Cara Mudah dan Cepat Menutup Program yang Bandel Atau Hang

Terkadang masalah bug, juga kehabisan sisa memori RAM (karena penuh) membuat program yang dijalankan akan menjadi bandel atau hang, yang tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan.

Dimana Harddisk yang sudah “tua” tidak jarang menjadi penyebab komputer yang sering hang. Atau minimalnya menjadi lambat kinerja komputer. Kondisi harddisk yang mengalami kerusakan yaitu seperti bagian tertentu atau komponen yang tidak terdeteksi saat awal booting.

Cara Mudah dan Cepat Menutup Program yang Bandel Atau Hang

Selain itu, Kipas di dalam yang jalannya atau kerjanya sudah tidak baik, mengakibatkan sistem pendinginan juga menjadi tidak maksimal, hal ini tentunya mengakibatkan overheating, yang berujung pada performa komputer yang menurunkan, hingga yang paling parah yaitu terjadi hang.

Apabila kipas betul-betul tidak jalan maka komputer tinggal tunggu waktu akan mengalami hang, berikut di bawah ini beberapa cara untuk menutup aplikasi yang hang:

Dengan bantuan Task Manager
Dengan kombinasi 3 tombol keyboard “Ctrl+Alt+Delete” yang ditekan bersamaan), maka setelah muncul jendela Task manager, disana Kamu pilih tab Processes, lalu kamu tinggal cari dan pilih aplikasi yang bermasalah atau hang.

Setelah Kamu pilih, lalu tinggal klik pada tombol End Process, maka dalam beberapa saat saja, program yang hang akan tertutup.

Dengan settingan Registry
  1. Buka start menu, lalu pilih Run.
  2. Muncul kotak kecil, lalu ketik regedit
  3. Lalu klik OK
  4. Lalu muncul jendela Registry editor
  5. Lalu Buka HKEY_CURRENT_USER
  6. Buka Control Panel
  7. Buka Desktop
  8. Pilih HungApp Timeout
  9. Klik 2x pada HungApp Timeout
  10. Lalu muncul kotak Edit String, maka ketik 1000 pada value data
  11. Klik OK
  12. Lalu close Jendela Registry editor.
  13. Lalu restart komputer
  14. Dengan cara ini maka proses penutupan aplikasi yang hang akan dapat lebih cepat dari sebelumnya

Mengatasi Komputer Hang karena CPU kepanasan (overheating)
sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan semestinya maka dapat menyebabkan komputer menjadi hang, berikut di bawah ini cara mengatasinya:
Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
Lalu bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, 
Jika kipasnya macet maka berikan minyak pelumas sedikit pada bagian poros.
Jika sudah terlalu parah maka ganti kipas dengan yang baru.
Kamu bersihkan thermal paste, bisa Kamu ganti dan oleskan thermal paste yang baru (thermal paste yang  menempel pada processor dan heatsink)  
Lalu pasang kembali processor, heatsink dan kipas dengan baik.
Kamu perlu memastikan keadaan Heatsing telah terpasang baik, Kamu cek keadaan pada setiap sekrup yang terpasang.
Selesai.

Mengatasi Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya
Power Supply yang berjalan tidak maksimal (karena masalah umur pada umumnya), seringkali mengakibatkan komputer mengalami hang, dimana itu karena kekurangan daya pada power supply, sehingga kinerja komputer menjadi menurun.  Untuk itu jika Power Supply sudah lemah, maka lebih baik ganti dengan yang baru. Harganya umumnya sekitar Rp 50.000 sampai 90.000

Mengatasi Komputer hang karena masalah pada harddisk 
Kalau masalah kapasitas Harddisk yang sudah dalam kondisi low space, maka Kamu perlu menghapus file-file besar yang tidak terlalu diperlukan. Kamu bisa juga menjalankan Disk CleanUp untuk membersihkan harddisk dari file-file temporary atau file sampah. Caranya klik start, lalu pilih run, lalu muncul kota kecil maka ketik : cleanmgr

Setelah itu programmnya akan terbuka, maka tinggal Kamu jalankan, lalu tunggu hingga selesai. Kamu juga bisa agar lebih mudah, akurat dan cepat, maka dengan menggunakan software CCleaner, penggunanya sangat mudah.

Mengatasi  Komputer hang karena VGA Card rusak
Masalah pada kartu VGA-nya bisa memberikan potensi besar untuk membuat komputer hang. Masalah yang sering terjadi adalah heatsink pada kartu VGA yang sangat panas berlebihan (overheat). Jika dalam kondisi demikian maka ganti kartu VGA dengan yang kompatibel juga, yang tidak mengalami overheat, sehingga tidak membuat komputer hang.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android