Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan di Smartphone Android

Menghilangkan Aplikasi Bawaan di Smartphone Android -- Sebelumnya saya ingin membahas tentang bloatware, dimana sebagian pengguna Android sudah mengetahui tentang istilah ini, akan tetapi sebagiannya mungkin belum begitu familiar dengan istilah bloatware ini. Adapun bloatware merupakan sebuah program aplikasi yang sudah hadir secara preinstall di smartphone Android Kamu.

Sehingga walaupun belum Kamu instal program itu sudah ada di smartphone Android Kamu. Sehingga aplikasi yang berjenis bloatware ini disematkan pada suatu smartphone, yang umumnya pada semua smartphone dengan berbagai platformnya, termasuk juga pada smartphone Android dengan berbagai mereknya,

Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan di Smartphone Android

Yang dimasukan berbagai program aplikasi, yang aplikasi dimasukan ini juga bermacam-macam, yang tergantung dari kebijakan vendor yang membuat smartphone tersebut, beberapa diantaranya seperti aplikasi game, cloud storage, aplikasi cuaca, program antivirus dan bermacam-macam jenis aplikasi lainnya.

Akan tetapi, sebagian pengguna Android merasa tidak nyaman dengan kebijakan yang dilakukan oleh para vendor tersebut, yang berperan memasukan aplikasi secara default tersebut. Sehingga mereka cukup terganggu dengan kehadiran aplikasi-aplikasi bloatware itu.

Dan menjadi masalah ketika aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan itu tidak dapat untuk dilakukan uninstall. Dimana unit mengatasi hal ini, banyak pengguna Android yang melakukan proses rooting, yang sebenarnya jika tujuannya hanya untuk itu, maka melakukan rooting ini kurang disarankan, karena resikonya yang cukup besar.

Selain melakukan rooting, untuk yang lebih aman dan lebih mudahnya ada cara mudah yang dapat kita lakukan menghilangkan aplikasi bawaan di smartphone Android, yaitu aplikasi bloatware itu sendiri. Tetapi sebenarnya  secara harfiah memang untuk menghilangkan aplikasi dari hadapan kamu, namun aplikasi bloatware itu aslinya tidak terhapus dari smartphone Android milikmu.

Dimana metode yang akan kita lakukan yaitu menghilangkan yang dengan arti kata menyembunyikan aplikasi yang dianggap mengganggu dari home screen smartphone milikmu. Seringnya para pembuat smartphone Android telah memberikan fasilitas di menu app drawer, disana terdapat opsi "Hide/Show apps".

Dengan mengakses fasilitas tersebut, maka nantinya Kamu tinggal memilih aplikasi yang Kamu anggap cukup mengganggu dan tidak berguna sama sekali, sehingga nantinya dengan bantuan fasilitas tersebut, aplikasi yang tidak diinginkan tersebut akan hilang dari penglihatan di smartphone Android milikmu.

Selain itu, disarankan menonaktifkan aplikasi bloatware yang tidak diinginkan tersebut
Tetapi, seperti dikatakan sebelumnya bahwa aplikasi bloatware yang dihilangkan tidak benar-benar terhapus, sehingga masih berjalan di background, yang tetap mengambil memori sistem. Untuk itu, langkah selanjutnya yang sangat disarankan yaitu mematikan aplikasi bloatware tersebut.

Dengan membuat aplikasi tersebut maka nantinya tidak akan berjalan di sistem, sehingga tidak mengambil memori RAM di sistem smartphone. Selain itu juga tidak akan tampil di app drawer dan home screen. Sehingga aplikasi bloatware yang tidak Kamu inginkan tersebut tidak lagi menghabiskan daya dan memori. 

Adapun cara melakukannya yaitu dengan mengakses aplikasi Setting, kemudian pilih 'Apps' (Application Manager), lalu tinggal pilih aplikasi yang akan dimatikan, supaya tidak berjalan di sistem. Untuk mematikannya dengan memilih opsi "Disable" pada aplikasi tersebut.

Umumnya sebelum Kamu mematikan / disable aplikasi, maka akan tampil sebuah peringatan tentang akibat dari mematikan aplikasi tersebut. Kalau akibatnya itu tidak merugikan kamu, maka selanjutnya tinggal pilih opsi "Yes".

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android