18 Tips dan Tutorial Penting Dalam Menggunakan OS Windows 7 Agar Optimal

Windows 7 menjadi versi windows terakhir yang menggunakan fitur menu start, yang menggantikan versi windows sebelumnya, seperti Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru.

Pada Windows 7 lebih fokus untuk mengembangkan beberapa fitur dan kemampuan Windows, seperti mendesain sistem operasi agar dapat lebih kompatibel dengan berbagai aplikasi, serta kompatibel dengan hardware / perangkat keras komputer yang sudah kompatibel dengan Windows Vista.

Tips dan Tutorial Penting Dalam Menggunakan OS Windows 7 Agar Optimal

Beberapa aplikasi bawaan pada versi sebelumnya, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker  dan Windows Photo Gallery sudah ditiadakan pada edisi Windows 7 ini.

Windows 7 ini memang dapat dikatakan menjadi versi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu windows Vista. Dimana memang Windows 7 ini dilengkapi dengan banyak fitur baru. 

Kan tetapi yang cukup disayangkan bahwasannya beberapa pengguna tidak terlalu paham tentang hal tersebut, sehingga tampaknya cukup perlu untuk mengetahui beberapa tips penting dalam penggunaan sistem operasi Windows 7, sehingga nantinya penggunaan dapat lebih baik dan optimal.

1. Penggunaan AppLocker
Mungkin laptop atau komputer milik kita sering juga digunakan teman-teman, atau memang merupakan komputer atau laptop bersama. Maka jika Kamu memiliki sesuatu yang sifatnya rahasia maka Kamu dapat membatasi akses mereka ke aplikasi, file hingga dokumen pribadi Kamu. 

Untuk melakukannya bisa dengan bantuan fitur AppLocker, padanya terdapat fasilitas untuk memblokir pengguna lain dalam mengakses file pribadi milik Kamu. Caranya dengan menekan tombol Windows, lalu ketik gpedit.msc. Pada Konfigurasi Komputer, Kamu buka  Pengaturan => Windows => Pengaturan Keamanan => Kebijakan Pengendalian aplikasi => AppLocker. Kemudian Kamu lakukan klik kanan pada salah satu pilihan (executables, Installers, atau Script), lalu membuat aturan baru. 

2. Keamanan komputer atau Laptop.
Dimana Kamu tidak mengizinkan perubahan pengaturan oleh orang lain pada PC milik Kamu, nantinya setelah user log off, maka kondisi ini akan mereset, yang akan kembali normal. Sehingga tidak akan mengembalikan konfigurasi yang telah ditetapkan Kamu, akan tetapi hanya dapat berubah pada bagian yang Kamu kecualikan.

Fitur ini namanya PC Safeguard, cara menggunakan dengan pergi ke Control Panel, lalu pilih User Account, lalu Kamu buat account baru, lalu pilih "Set Up Pc Safeguard" dan dihidupkan. Dengan begitu Kami tidak perlu khawatir saat ada teman-teman atau saudaramu yang menggunakan komputer / laptop milikmu. Dimana Kamu tidak akan menemukan hal yang berubah, seperti konfigurasi, download software, diinstal program.

3. Burning Foto ke dalam CD / DVD
Dalam melakukan burning foto ke dalam CD / DVD, maka tentunya kita akan dibuat untuk harus mempersiapkan berbagai hal, karena diperlukannya perangkat lunak pihak ketiga. Akan tetapi pada seri Windows 7 ini hal tersebut menjadi mudah, karena Kamu tidak perlu melakukan instal-instal program apapun, Kamu tinggal klik dua kali ISO image, lalu memburning-nya ke CD atau DVD yang dimasukkan.

4. Latar Belakang Slideshow Foto
Kamu dapat mengubah latar belakang dengan mudah dari waktu ke waktu, hanya dengan mengatur tampilan slide. Caranya Klik kanan pada desktop, lalu buka Personalisasi, pilih Background Desktop dan tahan tombol CTRL saat memilih gambar. Setelah itu setting interval waktu antar gambar yang tampil, Kamu juga dapat mengatur tampilannya secara acak maupun urut.

5. Atur Taskbar menjadi lebih kecil
Apabila Kamu merasa taskbar menggunakan terlalu banyak makan tempat, maka Kamu dapat mengaturnya menjadi bentuk ikon kecil. Caranya: klik kanan pada tombol Start, lalu pilih Properti, pilih Taskbar, lalu Kamu setting ke opsi "Gunakan ikon kecil" (dalam versi bahasa Indonesia).

6. Fasilitas desktop Magnifier
Tekan kunci Windows dan Kunci Plus yang berguna untuk memperbesar, dan sebaliknya jika ingin  memperkecil dengan Windows Kunci dan Kunci Minus. Kamu bisa memperbesar bagian manapun pada desktop. Dan ad pengaturan-pengaturan lainnya dengan mengkonfigurasi kaca pembesar itu.

7. Fitur Manajemen Power
Windows 7 dapat memberikan informasi rinci tentang penggunaan daya listrik pada perangkat, serta masalah apa saja yang disebabkan oleh setiap aplikasi dan perangkat. Sehingga nantinya Kamu dapat mengoptimalkan penggunaan baterai, dengan membuatnya lebih lama atau tidak biros.

8. Tambahkan Video Untuk Start Menu Anda
Apabila Kamu ingin mengakses video kesukaanmu dengan cepat, Maka klik kanan tombol Start, lalu masuk ke Properties, pilih Menu Start, pilih Customize dan atur Video untuk "Tampilkan sebagai link", dengan begitu Kamu dapat menemukannya di Start Menu.

9. Buka Cepat windows Explorer
Tekan tombol logo Windows + E untuk membuka sebuah jendela dari Windows Explorer dengan sangat cepatnya.

10. Windows Aksi Center
Padanya terdapat informasi utama pada komputer atau laptop Kamu, seperti tentang status Antivirus, update, troubleshooting dan banyak ha penting lainnya. Cara mengaksesnya, dengan masuki ke Control Panel, lalu pilih Sistem Dan Keamanan, lalu pilih Aksi Center.

11. Nonaktifkan Sistem Notifikasi
Apabila sistem pemberitahuan di Windows 7malah mengganggu Kamu, maka Kamu bisa mengatasinya dengan klik ganda pada ikon Area Notifikasi pada panel kontrol. Lalu tinggal setting pemberitahuan disana, sesuai dengan keinginan Kamu.

12. Mengenkripsi USB Removable Drives
Enkripsi USB drive, sekarang dengan klik kanan pada removable drive, lalu pilih Turn pada BitLocker.

13. Fitur Kalkulator yang mengalami peningkatan
Fitur kalkulator pada Windows 7 ditingkatkan fiturnya, dengan terdapat fasilitas konversi satuan, perhitungan tanggal, jarak tempuh, sewa hingga hipotek. Kamu juga bisa antara Standard, Scientific, Programmer dan kalkulator Statistik.

14. Advanced Disk Defragmentation
Pada Windows 7 terdapat fitur defragmentasi yang jauh lebih baik dari Windows Vista, yang memungkinkan Kamu agar dapat mengkonfigurasi dengan tambahan perintah tertentu. Kamu juga dapat mengkombinasikannya dengan fasilitas "CMD", yang tentunya perlu mengetahui tentang sedikit kode pemrograman.

15. Internet Explorer 8 dengan Load Faster
Apabila Kamu ingin Internet Explorer 8 memuat dengan lebih cepat, maka Kamu perlu menonaktifkan add-ons di browser yang membuat lambat, pergi ke Tools, lalu pilih Manage Add-ons, disana Kamu dapat mengaturnya.

16. Bagaimana Menggunakan File Virtual Hard Disk
Kamu bisa membuat harddisk pada Windows 7 yang seakan-akan disk nyata padahal tidak, berguna untuk menggunakan instalasi Windows di virtual disk tanpa perlu melakukan boot virtual Komputer. Cara membuat virtual disk dengan tekan Windows Kunci, lalu klik kanan di Komputer, lalu pergi ke Manage, pilih Disk Management, pilih Action, lalu  Buat VHD. Kamu bisa menentukan lokasi dan ukuran file virtual hard disk Kamu dengan bebas.

Untuk melampirkan file virtual disk, maka tekan kunci Windows, lalu klik kanan Computer, pergi ke Manage, pilih Disk Management, pilih Action, lalu Lampirkan VHD, kemudian Kamu diminta menentukan lokasi, kemudian atur bahwa hanya membaca atau tidak.

Cara meng-inisialisasi hard disk virtual, dengan tekan Windows Key, lalu klik kanan pada Komputer, lalu ke bagian Manage, pilih Manajemen Disk, pilih Action, lalu Lampirkan VHD, lalu tentukan lokasi, klik Ok. Setelah itu klik kanan pada disk virtual, lalu klik pada menginisialisasi Disk. Kamu pilih bentuk partisi yang diinginkan, lalu klik kanan pada ruang yang tidak terisi, lalu klik "New Volume Wikipedia", kemudian ikuti saja petunjuk wizard yang mudah tersebut. Maka, sebuah hard drive baru akan tampil pada Windows Explorer, dimana Kamu bisa memakai dan mengaksesnya seperti halnya partisi nyata.

17. Menghilangkan Tab Windows Live Messenger 
Caranya pergi ke Local disk C:, lalu pilih Program Files, pilih Windows Live Messenger, pilih  msnmsdgr.exe, klik kanan lalu setting Modus kompatibilitas untuk Windows Vista.

18. Mengunci Layar
Tidak ada tombol Lock Screen di Start Menu lagi, sehingga Kamu dengan begitu, perlu menekan tombol kombinasi Windows Key + L untuk menguncinya.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android