Cara Membaca Cepat Posting / Artikel Di Google Chrome dan Browser Lainnya

Pada berbagai blog atau website yang ada di dunia maya, terdapat berbagai variasi tulisan atau postingan yang panjang maupun yang pendek. Ketika mencari info tentang sesuatu yang sangat penting, pengunjung dapat merasakan bosan ketika mendapati postingan yang terlalu panjang. Sehingga hal itu  mengakibatkan kebanyakan visitor / pengunjung akan secara “sengaja” melewatkan beberapa bagian pada postingan, tetapi bisa juga terjadi melewatkan bagian postingan secara tidak sengaja, karena memang tulisan yang terlalu panjang cukup membuat jenuh pengunjungnya.

Cara membaca cepat posting, tulisan atau artikel di website pada browser

Untuk, ada cara yang dapat membantu kita untuk membaca seluruh posting tanpa melewatkan beberapa bagian-pun, tentunya ini adalah hal yang cukup penting dan menarik. Khusus untuk Kamu pengguna Google Chrome, terdapat ekstensi untuk mempermudah dan mempercepat membaca artikel di Google Chrome, untuk melakukannya kita bisa menggunakan bantuan dari plugin Speedy Readie klik disini untuk mendownloadnya.

Itu adalah sebuah plugin / ekstensi khusus web browser Chrome. Yang dapat Kamu gunakan secara gratis. Setelah Kamu instal Speedy Readie maka selanjutnya periksa dan pastikan agar ikon telah berhasil muncul di browser, setelah itu seperti biasanya, Kamu pergi ke halaman postingan / tulisan yang ingin Kamu baca.

Agar dapat memulai untuk membaca cepat, maka Kamu blok / sorot teks lengkap yang ingin Kamu baca. Selanjutnya Kamu tekan tombol “SHIFT”  di keyboard dua kali untuk memulai membaca cepat dengan bantuan ekstensi tersebut. Setelah itu muncul posting tersebut di bagian atas halaman dan secara otomatis akan menampilkan kata-kata yang Kamu perlukan untuk dibaca. Secara default, kecepatan membaca disetting dengan ukuran kecepatan 300 WPM (kata per menit).

Adapun jika Kamu ingin berhenti membaca, maka tekan tombol “SHIFT + Space”. Dan tekan tombol “SHIFT + Space” lagi apabila Kamu ingin melanjutkan membaca. Adapun setelah selesai, tekan tombol “ESC” untuk menutup reader atau tempat membaca tersebut.

Hal yang perlu diketahui bahwa untuk mempermudah dan membuat nyaman Kamu dapat menyesuaikan kecepatan membaca, ukuran reader, font serta juga pengaturan Speedy Readie yang dapat Kamu atur secara bebas dan mudah.

Tips membaca cepat artikel

Membaca adalah aktifitas yang sangat sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, maka dengan begitu amat penting mempunyai keterampilan yang baik dalam mebaca, kita perlu meningkatkan kemampuan membaca. Yang tujuannya yaitu dapat membaca dengan cepat dan efisien, yang tanpa mengurangi intisari atau hal penting yagn ada pada artikel atau posting. Sebelumnya, para ilmuwan menyatakan bahwa ketika membaca, maka kedua mata akan terfokus pada huruf tertentu yang ada di dalam kata. 

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa masing-masing mata mengunci pada huruf yang berbeda di saat yang bersamaan, dan biasanya dua karakter terpisah. Otak kemudian memadukan huruf-huruf tersebut secaera bersama-sama untuk membentuk suatu kata. Dan hal ini terjadi dengan seketika.

Keuntungan Membaca Cepat

  • Umumnya orang membaca pada tingkat rata-rata 250 kata per menit, yang berarti butuh menghabiskan waktu 1-2 menit untuk membaca satu halaman dalam sebuah buku atau dokumen, dan bayangkan apabila Kamu dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan kecepatan 500 kata per menit, maka Kamu dapat membaca semua konten tersebut hanya dalam separuh waktu. 
  • Dengan membaca cepat maka membuat Kamu lebih dapat memahami struktur keseluruhan isi dokumen / tulisan, sehingga pemahaman terhadap suatu posting atau tulisan mnejadi lebih besar dan lebih baik, 

Sebgai catatan bahwa membaca cepat memang merupakan keterampilan yang sangat berguna, akan tetapi ada saat-saat yang tidak tepat untuk menerapkan teknik membaca cepat, seperti ketika membaca dokumen yang penting, dimana pembaca harus membaca dengan perlahan, sehingga dapat memahami tulisan secara detail seluruhnya. Berkut di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar dapat membaca dengan baik dan cepat:

Atasi kebiasaan sub-vokalisasi
Melakukan sub-vokalisasi, yaitu “mendengar” kata yang diucapkan di dalam pikiran, maka hal ini membuat Kamu nantinya membutuhkan waktu yang lebih banyak, sehingga memboroskan waktu. Nah, dengan begitu penting mematikan suara yang ada di kepala, dimana harus berlatih “tidak berbicara” ketika membaca, katakan pada diri sendiri bahwa Kamu tidak akan melakukan sub-vokalisasi, Kamu harus berusaha berlatih hingga akhirnya kebiasaan ini hilang.  Menghilangkan sub-vokalisasi berguna untuk meningkatkan kecepatan membaca dalam jumlah yang lumayan, untuk itu berhenti mengatakan kata-kata di kepala ketika membaca.

Hindari membaca kata demi kata
Ketika Kamu berkonsentrasi pada kata-kata yang terpisah, maka dapat membuat Kamu kehilangan konsep keseluruhan isi yang dimaksud. Untuk itu, lebih baik gunakan teknik membaca lebih cepat dengan “mengumpulkan” bersama-sama kata-kata dalam satu blok. Perhatikan pergerakan mata saat membaca artikel, apakah membaca setiap kata, atau membaca sebuah blok kata, baik itu dua, tiga, atau lima kata sekaligus. Untuk itu cukup penting berlatih memperluas jumlah kata yang dilihat / dibaca pada satu waktu. 

Perhatikan dengan baik jika sudah di garis tepi / akhir baris
Ketika Kamu mendekati akhir baris, biarkan dengan rileks penglihatan tepi Kamu mengambil alih untuk melihat set terakhir dari kata-kata, sehingga Kamu bisa dengan cepat dan mudah memindai dan turun ke baris berikutnya.

Hindari membaca kembali materi yang tidak diperlukan
Hal yang buruk dalam membaca yaitu kebiasaan membaca kembali kalimat atau kata-kata yang baru saja dibaca, sementara justru mungkin di lain waktu, melompat pada beberapa kalimat. Sangat memboroskan waktu membaca bagian yang sudah dibaca, yang basanya tujuannya untuk memastikan telah membaca bagian dengan benar. Ketika “mundur” seperti ini, mengakibatkan waktu terbuang, juga kehilangan aliran dan struktur teks, serta menurunnya pemahaman terhadap materi tulisan yang dibaca.

Jaga konsentrasi dalam Membaca
Membaca sambil menonton TV adalah sesuutu hal yang sulit dilakukan, karena membuat kita sulit dalam berkonsentrasi pada isi artikel, untuk meningkatkan konsentrasi dalam membaca, berhenti melakukan 2 atau lebih aktivitas saat yang bersamaan ketika membaca, hilangkan setiap gangguan yang ada. Sehingga nantinya berguna agar dapat memahami artikel atau tulisan dengan baik.

Latihan, latihan dan latihan
Jika ingin lancar dan baik dalam membaca maka harus membiasakan diri untuk membaca, karena untuk meningkatkan kemampuan membaca akan memerlukan waktu yang panjang, tidak dalam sekejap waktu.

Materi yang tepat
Hal ini cukup penting Kamu ketahui, bahwa tidak semua yang Kamu baca, dapat cocok untuk dibaca secara cepat. Seperti materi yang nantinya untuk dipahami maksud dengan sepenuhnya, mengingat informasi tersebut, mendiskusikan secara rinci, melakukan analisis secara menyeluruh, maka jika keadaannya demikian, teknik membaca cepat ini tidak cocok digunakan dalam hal tersebut.

Semoga bermanfaat.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android