Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Blackberry Messenger (BBM) pada iOS dan Android

Seperti yang sudah diketahui bahwa layanan Blackberry Messenger atau yang lebih sering disebut dengan BBM, sudah tidak terbendung lagi kepopulerannya, apalagi ketika sudah support untuk platform Android maupun iOS, banyak pengguna dari kedua platform tersebut yang “berlomba-lomba” menggunakan aplikasi BBM.

Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Blackberry Messenger (BBM) pada iOS dan Android

Blackberry Messenger (BBM) juga menjadi sangat populer karena fitur-fitur yang sangat canggih yang disediakan untuk memanjakan para penggunanya, banyak pengguna smartphone Blackberry yang mengakui bahwa fitur BBM menjadi tujuan utama untuk menggunakan platform ponsel tersebut. Adapun aplikasi BBM ini, baik untuk Android maupun iOS memiliki kelebihan dan kelemahan. Untuk keuntungannya yaitu pengguna ponsel  menjadi dapat lebih menghemat biaya pengeluaran untuk berlangganan paket, dimana sedianya harus mereka keluarkan untuk ponsel Android / iOS dan juga Blackberry pada setiap bulannya.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi blackberry messenger (BBM) di ponsel Blackberry dibandingkan dengan di iOS dan Android 

Akan tetapi dengan adanya support BBM untuk Android dan iOS, maka untuk pengguna kedua platform tersebut dapat menggunakan BBM, tanpa harus membeli juga ponsel Blackberry. Akan tetapi ada beberapa kelebihan maupun kekurangan pada iOS dan Android, langsung saja penjelasannya di bawah ini.

Fitur BBM Chat
Keunggulan aplikasi BBM ini sudah umum diketahui banyak orang, fitur chat ini untuk mengirim dan menerima pesan yang dapat berupa teks, video, suara dan gambar.

Fitur PIN BB
PIN BB merupakan kode digit identifikasi pada aplikasi BBM, yang masing-masing memiliki 1 PIN unik yang berbeda satu sama lainnya. Agar bisa terhubung satu dengan yang lainnya maka pengguna harus memasukan PIN ini untuk menambahkan kontak.

Fitur BBM Group
Seperti halnya fitur BBM pada blackberry, yang dimana pengguna bisa membuat group chat dengan kapasitas 30 member untuk satu grup. Fitur Grup ini menyediakan fasilitas untuk sharing foto, jadwal, dan multi-chat.

Fitur Personal Message
Pengguna BBM disediakan fasilitas mengganti foto, membuat status, dan beberapa lainnya yang halnya yang dilakukan pada platform Blackberry.

Kekurangan Aplikasi BBM di Android & iOS

Berikut penjabarannya di bawah ini.

Pengaturan Profil Picture (gambar PP) 
Gambar PP menampilkan foto pemilik BB, dimana pengguna bisa dengan semaunya mengganti foto profil, dan juga dapat mengedit sederhana hingga akhirnya menyimpannya sebagai foto PP. Akan tetapi kekurangannya pada fitur pengaturan gambar PP di platform Android & iOS tidak terdapat fasilitas untuk membesar dan mengecilkan foto secara keseluruhan, hal ini menyebabkan akan ada bagian yang terpotong.

Auto-Text
Auto Text ini berupa kumpulan ikon, simbol dan teks unik, dimana pada platform Blackberry pengguna bisa menyimpan koleksi auto text dan menggunakannya hanya mengetikkan kata-kata pengganti saja. Akan tetapi pada aplikasi BBM di Android dan iOS ini tidak support fitur Auto text seperti ini, sehingga cukup mengecewakan.

Fitur Back-Up 
Pada platform Blackberry Kamu dapat mem-backup contact via menu pengaturan. Akan tetapi fitur ini tidak ada pada Aplikasi BBM di Android dan iOS.

Berbagi PIN
Tidak tersedianya fitur ini mengakibatkan pengguna yang ingin berbagi atau memberi PIN kepada orang lain harus melakukannya secara manual, yaitu dengan melakukan  copy-paste, sehingga cukup merepotkan.

Membuat Kategori Kontak
Pada aplikasi BBM di platform Blackberry, pengguna bisa memilah kontak berdasarkan kategori. Contohnya seperti Teman Kuliah ,Teman Kerja, Teman Rumah dan lainnya, sehingga fitur ini sangat membantu untuk menemukan kontak dengan sangat cepat, akan tetapi fitur ini belum mendapatkan support dari aplikasi BBM di Android maupun iOS.

Kekurangan lainnya yaitu ketika pertama kali menginstal aplikasi BBM di Android atau iOS, maka ada dua tawaran, yaitu membuat akun baru atau Sign-In dengan menggunakan akun lama. Cukup banyak yang memilih opsi yang kedua (menggunakan akun lama), yang memang sangat memudahkan, dimana akan dilakukan impor secara otomatis semua kontak di platform Blackberry anda. Akan tetapi muncul problem bahwa aplikasi BBM pada Blackberry yang lama menjadi tidak bisa digunakan alias error. 

Nah, beberapa kekurangan diatas ada kemungkinan akan diperbaiki oleh pihak pengembang apps Blackberry Messenger, yang akan melakukan berbagai penyempurnaan.

Semoga bermanfaat.

Update

  • Penambahan fasilitas membuat kategori kontak.
  • Fitur  memberikan PIN Barcode melalui menu sharing (hanya sebatas PIN sendiri).
  • Fitur mengatur dan merapihkan Grup BBM.

loading...

Antivirus untuk Windows

Tips dan Aplikasi Android